Mohon tunggu...
Kornelis Jama Nuna
Kornelis Jama Nuna Mohon Tunggu... Penulis - Bachelor of Civic Education in a UNIDHA MALANG

Berkarya bagiku adalah sebuah seni yang indah dan mengesankan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Faktor-faktor Terjadi Pembegalan di Masyarakat

1 Juli 2023   10:54 Diperbarui: 1 Juli 2023   10:57 203
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

     Faktor-faktor yang berpengaruh terjadinya suatu tindak pidana pembegalan adalah; karena faktor adanya kesenangan masyarakat pada main judi, main kartu, adu ayam atau sabung ayam, dan juga mabuk-mabukkan . Didalam latar belakang perekonomiannya yang rendah dan dan kesenangannya yang melebihi dari kemampuan untuk menutupi kesenangan tersebut tidak cukup sehingga menimbulkan akan tindakan kriminal pembegalan dan kadang disertai dengan ancaman dan bahkan penganiayaan. Dan bahkan banyak makan korban kekerasan apabila pemilik sepeda motor melawan, para pelaku tidak segan-segan melakukan tindakan kriminal yang sadis jika pemilik barang atau motor melawan atau tidak mau menyerahkan miliknya. 

     Oleh sebab itu dengan adanya peningkatan penangan penegak hukum agar bisa mengurangi adanya tindakan pelanggaran pidana atau adanya tindakan melawan Hukum, lebih khusus didaerah terpencil yang rawan terjadi tindakan kriminal, kita menyadari bahwa tindakan pembegalan motor sangat meresahkan masyarakat dan bahkan merupakan penyakit masyarakat yang sangat meresahkan. Didalam sedikit edukasi ini merupakan bentuk empati sangat dalam akan dampak buruk terjadi akibat adanya pembegalan motor, karena dengan demikian mereka minta tebusan dengan nominal yang tinggi atau 3 sampai 6 Jt, jika mereka berhasil mengambil secara paksa atau begal. Karena ulah atas tindakan pembegalan perekonomian masyarakat terganggu dan bahkan untuk kebutuhan pokok lainnya tertunda akibat adanya tindakan kriminal sedemikian rupa.

     # MUNGKIN HANYA INI SAJA SEDIKIT EDUKASI DARI SAYA SEKIAN DAN TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT BAGI PEMBACA #

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun