Mohon tunggu...
Kornelis Jama Nuna
Kornelis Jama Nuna Mohon Tunggu... Penulis - Bachelor of Civic Education in a UNIDHA MALANG

Berkarya bagiku adalah sebuah seni yang indah dan mengesankan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Konflik Di Dalam Kehidupan Masyarakat di Indonesia

25 Agustus 2021   18:43 Diperbarui: 29 Agustus 2021   20:15 30 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Konflik Di Dalam Kehidupan Masyarakat di Indonesia
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

     Masalah-masalah merupakan hal yang tidak terlepas dari kehidupan manusia di muka bumi, terlebih khusus di dalam masyarakat Indonesia. Karena jika tidak demikian berarti bukanlah manusia, masalah dengan manusia di ibaratkan seperti mata rantai yang tidak terpisahkan dari kehidupan individu maupun sosial. 

Misalkan masalah asmara atau percintaan, masalah Ekonomi, dan lain-lainnya. 

     Faktor-Faktor yang mempengaruhi terjadinya konflik di masyarakat sosial:

1. Karena kurangnya Pendidikan sehingga wawasan berfikir kurang memadai, sehingga lambat mendapatkan solusi dan menimbulkan acuh tak acuh, merasa tertekan dan sebagainya.

2. Faktor kurangnya pergaulan, dengan demikian apabila seseorang sedang dalam mengalami persoalan hidup sulit mendapatkan solusi karena pergaulannya yang sempit. Dan wawasan berfikirpun tidak akan berkembang karena kurangnya pergaulan.

3. Masalah Ekonomi, masalah ekonomi merupakan faktor utama sehingga timbulnya suatu konflik didalam kehidupan masyarakat. Karena memang ekonomi merupakan suatu faktor yang mendukung didalam kehidupan manusia wajar jika itu merupakan pemicu terjadinya sebuah konflik sosial.

     Kesimpulannya jika kita sedang mengalami persoalan hidup, baik asmara atau percintaan, Ekonomi dan lain sebagainya usahakan memikirkan secara matang, dengan kepala dingin. Karena jika sedang dalam masalah percintaan atau kekurangan Ekonomi tidak berfikir secara sempit sehingga menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan bersama. 

Berfikirlah secara positif dan bersosialisasi dengan teman-teman dekat supaya mendapatkan masukan-masukan dari persoalan tersebut. Karena jika mengambil kesimpulan secara emosional juga itu bukanlah solusi terbaik tetapi malah menimbulkan persoalan semakin melebar dan berujung penyesalan. 

"Sekian dan terima kasih sebuah edukasi dari saya, semoga bermanfaat bagi para pembaca"

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan