Mohon tunggu...
Eris Munandar
Eris Munandar Mohon Tunggu... Freelancer - Jurnal

Saya suka melihat hal hal yang baru

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Serba Disetrum

21 September 2022   12:16 Diperbarui: 21 September 2022   17:39 82 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source: Aristya Rahadian /grafis CNBC

Program Kompor Listrik, kalian sudah punya atau belum nih di dapur. Jika sudah ada, bisa dong jelaskan mana yang lebih irit. kompor Gas atau sentrum?.

Wacana percobaan kompor listrik kini sedang dilakukan oleh PT PLN. Jika mengutip dari kompasdotcom. terdapat 69,5 juta keluarga pelanggan PLN yang menggunakan elpiji 3 Kg. Jadi, apabila mengacu pada program 300.000 kompor listrik, hanya sekitar 0,5 persen saja.

Saya belum bisa katakan mana yang lebih baik. Disentrum atau digas. Menurut saya sih, berdasarkan pengalaman jika menggunakan mode sentrum untuk memasak saat memasak sebenarnya sudah lumrah loh.
Tanpa disadari, seperti transformasi memasak  nasi dari diatas tungku api, kini jadi lebih sering mengunakan rice cooker. Menurut saya, itu lebih praktis dan tidak repot. Bisa ditinggal nonton. Bukankah itu otomatis.


Nah, di tempat saya juga sudah jarang memasak air menggunakan kompor. Untuk membuat kopi. Contohnya, lebih sering mengunakan dispenser, alasannya sama lebih cepet dan tinggal tekan tombol, keluar air jadi. tinggal Srooot.

Baca juga: BBM Urgensi

Bagaimana sekarang dengan kompor Listrik. Semua sama saja dan  jika itu lebih praktis kenapa tidak. Apalagi lebih hemat kan bisa dipakai program ini.

Namun, jika semua harus tetap punya resiko. Jika gas dulu waktu migrasi dari minyak tanah ke Gas, yang ditakutkkan masyarakat kan kebakaran, ternyata sampai saat ini, jarang loh, penyebab kebakaran disebabkan oleh tabung gas.

Maka sebaliknya. Jika kalian mengamati berita penyebab kebakaran,  kan lebih sering itu disebut faktornya karena korseleting listrik. Dan jangan lupa, puntung rokok tukang juga pernah menyebabkan gedung terbakar. Jadi kalian setuju kan Gas ke Listrik?.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan