Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Editor - Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Hari Santri: Kesalehan Sosial, Era Disrupsi, hingga Revitalisasi Genealogi Intelektual Pesantren

22 Oktober 2021   18:52 Diperbarui: 22 Oktober 2021   18:55 498 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Diolah Kompasiana dari Antara via KOMPAS.com

Santri punya modal kuat untuk menyongsong masa depan bangsa yang lebih baik sekaligus maju. Karakter yang fleksibel membuat ia memiliki kelengkapan.

Santri bisa menjadi pondasi bangsa--yang mana sudah dibuktikan di masa kemerdekaan hingga kini. Santri juga bisa menjadi garda terdepan untuk sebuah peradaban.

Namun, santri tidak boleh lupa, bahwa hari ini ada tantangan yang sudah sama sekali berbeda. Sering kali sulit terprediksi. Dan santri, harus bisa menjawab itu semua.

Berikut konten-konten di Kompasiana seputar momentum Hari Santri 2021:

Santri Millenial, Kesalehan Sosial dan Santripreneur

Santri putra beraktivitas di Pondok Pesantren An Nuqthah, Kota Tangerang, Banten, Kamis (18/6/2020).| Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Santri putra beraktivitas di Pondok Pesantren An Nuqthah, Kota Tangerang, Banten, Kamis (18/6/2020).| Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Santri juga bisa berkiprah menjadi seorang santripreneur yang dapat membuka peluang kesalehan sosial kepada masyarakat. Kini, banyak sekali contoh kecil usaha yang mampu memberikan kesalehan sosial

Jadi jangan salah jika lulusan pesantren cuma bisa jadi jago kandang soal agama dan hukum-hukumnya. Santri juga bisa berkiprah menjadi seorang santripreneur. (Baca selengkapnya)

Menjadikan Santri sebagai Arus Utama dalam Setiap Perubahan

Peringatan Hari Santri Nasional dengan seminar di Ponpes Nurul Yaqin Al-Hidayah. (foto dok damanhuri)
Peringatan Hari Santri Nasional dengan seminar di Ponpes Nurul Yaqin Al-Hidayah. (foto dok damanhuri)

Tantangan sekarang, santri perpacu dengan waktu. Mari kita jadikan hari santri sebagai renungan dalam melangkah dan berbuat di tengah masyarakat lingkungan kita.

Digitalisasi kita nikmati dan kita jadikan sebagai sarana perjuangan. Jadikan itu sebagai garda depan kita dalam menumbuh-kembangkan ajaran Islam yang rahmatan lilalamin, diterima semua umat dan golongan. (Baca selengkapnya)

Peran Santri di Era Disrupsi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan