Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Terpopuler: Kontroversi Label Bantuan Presiden hingga Kesamaan Orang Indonesia dengan Romawi Saat Ramadan

4 Mei 2020   04:52 Diperbarui: 7 Mei 2020   04:01 1078 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Terpopuler: Kontroversi Label Bantuan Presiden hingga Kesamaan Orang Indonesia dengan Romawi Saat Ramadan
Ilustrasi Orang Romawi dalam Adegan film

Baru-baru ini tas berisi sembako yang dibagikan Kementerian Sosial menuai kontroversi. Salah satu penyebabnya adalah label "Bantuan Presiden RI" pada tas itu.

Politikus PDI-P, Arteria Dahlan mengatakan,"Kalau dilihat tulisannya dan dilihat logonya, itu sangat jelas kaitannya dengan Lembaga Kepresidenan, tidak Presiden Jokowi secara pribadi."

Sementara itu, politikus PAN, Saleh Partaonan Daulay, mempertanyakan, "Mengapa mesti harus ada tulisan bantuan dari presidennya? Bukankah itu memakai uang negara? Artinya, itu bukan bantuan personal, tetapi bantuan negara yang didanai dari dana APBN milik rakyat."

Salahkah label itu?

Dalam konteks bahasa, Kompasianer Bobby memaparkan kemungkinannya dan menjelaskan bahwa tradisi penggunaan label tersebut sebenarnya sudah dilakukan oleh presiden-presiden sebelumnya.

Artikel tersebut populer di Kompasiana, bersama dengan kebiasaan masyarakat Indonesia saat Ramadan terhadap makanan rupanya memiliki kesamaan dengan orang Romawi kuno, Yaitu: Suka membuang-buang makanan.

Berikut 5 konten terpopuler kemarin di Kompasiana:

1. Salahkah Label "Bantuan Presiden RI"? Haruskah Diganti Jadi "Baper"?

Foto istimewa via Tribunnews.com
Foto istimewa via Tribunnews.com
Pertanyaannya, apakah label 'bantuan presiden' salah dan harus diganti, misalnya dengan 'bantuan pemerintah' ('baper')?

Istilah 'bantuan presiden' sudah dipakai secara resmi selama puluhan tahun untuk menyebut bantuan negara bagi rakyat. Istilah 'bantuan presiden' dan akronim 'banpres' sudah dikenal khalayak dan sudah dimasukkan dalam lampiran KBBI IV. (Baca Selengkapnya)

2. Serie A Sakit Duluan, Berusaha Bangkit Duluan

Serie A dikabarkan akan kembali dilanjutkan. | Gambar: AFP/Miguel Medina via Kompas.com
Serie A dikabarkan akan kembali dilanjutkan. | Gambar: AFP/Miguel Medina via Kompas.com
Serie A adalah kompetisi yang sakit duluan dibandingkan liga-liga di negara lain. Bahkan, penundaan pertandingan sudah terjadi di Serie A.

Dikabarkan Serie A akan dimulai tak jauh dari jadwal kembalinya berlatih seluruh tim. Secara bertahap, para pemain diimbau untuk kembali berlatih secara individu pada 4 Mei, dan akan bergabung dengan tim pada 18 Mei.

Secara optimis, Serie A memilih melanjutkan kompetisi dan telah mengeluarkan pula jadwal untuk kembali berlatih bagi semua pemain dan klub. Apakah langkah Serie A akan diikuti oleh negara lain? (Baca Selengkapnya)

3. Hardiknas 2020, Membalut Kembali Luka Wajah Pendidikan yang Sudah "Ditampar" oleh Covid-19

Ilustrasi: kemendikbud
Ilustrasi: kemendikbud
Agaknya tahun 2020 merupakan periode yang cukup suram bagi dunia pendidikan Indonesia. Dimulai dari bencana banjir awal tahun, kemudian muncul bertubi-tubi kasus sedih seperti perundungan terhadap siswa, kekerasan seksual, hingga kisah pilu SMPN 1 Turi.

Tambah lagi dengan kehadiran Covid-19, rasanya semakin terbongkar saja ketimpangan pendidikan kita hari ini. Cukup cocok untuk digaungkan sebagai tema utama di Hari Pendidikan Nasional 2020.

Terang saja, semenjak pagebluk ini singgah di bumi Pertiwi, kesiapan pendidikan kita begitu terasa sedang diuji. Niat dan harapan digitalisasi seakan diterpa badai pesimistis, imbas dari ketidak-kuasaan negeri menggelar pembelajaran daring. (Baca Selengkapnya)

4. Kebiasaan Makan Orang Romawi Kuno dan Orang Indonesia Saat Ramadan
Ancient romans eating habits (https://gloriaderoma.com/)
Ancient romans eating habits (https://gloriaderoma.com/)
Bagi bangsawan Romawi Kuno, makan adalah sebuah kemewahan serta kesempatan untuk menunjukkan status sosial dan prestise. Terdengar familier dengan kebiasaan makan masyarakat kelas atas Indonesia?

Selama ini banyak orang beranggapan bahwa jika sudah memesan makanan di restoran lantas makanan yang dipesan sepenuhnya sudah menjadi hak kita untuk berbuat seenaknya, asalkan sudah dibayar, mau dimakan habis ataupun disisakan maka suka-suka kita. (Baca Selengkapnya)

5. Ini Dua Alasan Shanks Akan Muncul di Babak 4 Wano Arc
www.duniagames.co.id
www.duniagames.co.id
Saat Luffy sudah dewasa dan menjadi seorang kapten bajak laut, Luffy baru menyadari bahwa Shanks teman masa kecilnya ternyata salah satu Kaisar Bajak Laut di New World.

Sebuah lautan yang disebut-sebut paling kuat di dunia. Sebuah lautan yang berisi para bajak laut terkuat di dunia. Intinya lebih ganas daripada lautan Greenland.

Shanks adalah salah seorang Kaisar Bajak Laut sama seperti Big Mom dan Kaido. Shanks adalah salah satu dari segelintir bajak laut yang berbanderol di kisaran empat miliar belly. Itu tentu sudah lebih dari cukup menggambarkan bagaimana kekuatannya. (Baca Selengkapnya)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x