Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Presiden ke-3 RI BJ Habibie Meninggal Dunia

11 September 2019   20:12 Diperbarui: 11 September 2019   20:49 0 7 3 Mohon Tunggu...
Presiden ke-3 RI BJ Habibie Meninggal Dunia
BJ Habibie Presiden RI ke 3 KOMPAS/RADITYA HELABUMI.

Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta,  Rabu (11/09/2018). Habibie meninggal di usianya yang ke-83.

Kabar meninggalnya Habibie dikonfirmasi oleh Ketuda Tim Dokter Kepresidenan dr Azis Rani. Kemudian disusul oleh cucu keponakan Habibie, Melanie Subono, melalui unggahan di Instagram pribadinya.


Sebelum meninggal Keponakan Habibie, Rusli Habibie, menyebutkan bahwa seluruh keluarga dekat sudah dipanggil dan berkumpul di Paviliun Kartika, RSPAD Gatot Soebroto.

Diketahui, Habibie dirawat secara intensif sejak 1 September dan ditangani oleh 44 dokter spesialis dari berbagai bidang keahlian seperti penyakit dalam, ginjal, dan jantung.

Selama hidupnya Pria asal Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936, ini sudah memberikan jasa bagi Indonesia yang antara lain berhasil membuat pesawat N-250 Gatot Kaca, pesawat asli buatan Indonesia.

Selain itu ia juga berhasil menemukan teori Crack Propagation letak titik awal retakan pada pesawat. Temuannya menjadi solusi dalam dunia penerbangan di seluruh dunia. Kelak teori ini dikenal dengan Theory of Habibie.

Dalam kancah politik Habibie sempat menjabat sebagai Presiden ke-3 Republik Indonesia menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri dari jabatan presiden pada tanggal 21 Mei 1998.

dok. kompasiana
dok. kompasiana
Selamat jalan pak Habibie. Terima kasih telah banyak mendedikasikan untuk Tanah Air.

(ibs)