Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Esport Pilihan

Tim Onic Raih Juara Piala Presiden E-Sports 2019

2 April 2019   16:11 Diperbarui: 2 April 2019   16:37 0 0 3 Mohon Tunggu...
Tim Onic Raih Juara Piala Presiden E-Sports 2019
Tim Onic E-Sports berhasil keluar sebagai juara Piala Presiden E-Sports 2019 usai mengalahkan Louvre Juggernaut dengan skor telak 3-0 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (31/3/2019) | kompasiana.com/Nugroho Dwiyanto

Tim Onic E-Sports berhasil keluar sebagai juara Piala Presiden E-Sports 2019 usai mengalahkan Louvre Juggernaut dengan skor telak 3-0 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (31/3/2019).

Pertandingan pertama Louvre Juggernaut sempat memberikan perlawanan, tapi Onic E-Sports dapat membalikan keadaan dengan poin 24-23.

Pada gim kedua dan ketiga Onic E-Sports bermain agresif untuk melanjutkan kemenangan atas Louvre Juggernaut dengan point 17-7 serta 21-8.

Atas keberhasilannya, Tim Onic E-Sports mendapatkan trofi piala Presiden Esports 2019 dan uang tunai Rp 400 juta. Untuk  juara kedua yang dimenangkan oleh Louvre Juggernaut berhak membawa pulang hadiah uang tunai sebesar Rp 200 juta. Sedangkan juara ketiga diraih PSG RRQ setelah mengalahkan Evos 2-0 dan mengantongi uang tunai sebesar Rp 100 juta.

Ketiga tim ini nantinya berhak masuk pelatnas SEA Games 2019 untuk mengikuti pelatnas dalam rangka persiapan menuju ajang olahraga Sea Games 2019 di Manila, Filipina mendatang.

Salah satu anggota Tim Onic Esports, Muhammad Julian Ardiansyah, mengatakan hadiah dari juara Piala Presiden Esports 2019 akan ditabung untuk masa depan.

"Kalau saya sih akan menabung untuk masa depan," ujar Julian pada konferensi pers setelah pertandingan. Pria yang biasa dipanggil Udil itu berharap agar ajang Piala Presiden Esports terus berlangsung setiap tahun karena ini wadah untuk gamers menuangkan hobinya.

kompasiana.com/Nugroho Dwiyanto
kompasiana.com/Nugroho Dwiyanto
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dalam jumpa persnya mengatakan, pemerintah akan terus membangun infrastruktur jaringan internet berkecepatan tinggi di luar Pulau Jawa. Tujuannya agar penyelenggaraan turnamen seperti Piala Presiden E-Sports bisa diadakan di berbagai daerah lain.

"Jadi kami berharap, penyelenggaraan turnamen ini tidak hanya di kota-kota besar, tapi juga bisa di daerah lain untuk anak-anak Indonesia," katanya.

Hal serupa juga dijelaskan oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Triawan Munaf, yang berharap antusiasme dan semangat anak-anak muda Indonesia agar terus berkobar.

"Bagi BEKRAF, kami berharap agar ekosistem industri game tumbuh dengan lengkap dan dapat berprestasi sebagai cabang olahraga. Kami juga senantiasa memberikan dukungan dan mengembangkan agar game-game lokal yang sekarang ini sudah ada semakin dikenal dan mendunia," katanya.

Ketua Steering Committee Piala Presiden E-Sports 2019 Giring Ganesha juga menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan penuh dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), BEKRAF, dan Kominfo serta Kantor Staf Presiden (KSP).

Turnamen Piala Presiden E-Sports 2019 ini telah dibuka sejak 29 Januari 2019 dan diikuti oleh 3.572 tim Esports dari seluruh daerah Tanah Air.

(NUG/ibs)