Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Student Loan, Benarkah Bermanfaat bagi Mahasiswa?

30 Mei 2024   12:36 Diperbarui: 30 Mei 2024   17:05 550
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi student loan atau pinjaman pendidikan. (Diolah kompasiana dari SHUTTERSTOCK/ITTIGALLERY via kompas.com)

Kompasianer, adakah di antara kamu yang pernah memanfaatkan student loan untuk berkuliah? Bagaimana pengalaman kamu? Apakah itu cukup membantumu dalam menyelesaikan studi?

Student loan menjadi topik hangat akhir-akhir ini. Hal tersebut tak lepas dari kebijakan UKT atau Uang Kuliah Tunggal yang ramai menjadi kontroversi.

Kemudian, kalau kita masih ingat, student loan juga sempat menjadi pembahasan di Kementerian Keuangan dan dalam Debat Capres 2024 pada awal tahun ini.

Secara sederhana, student loan sendiri merupakan sebuah pinjaman yang diberikan kepada mahasiswa untuk bisa membiayai pendidikannya. Pinjaman ini dapat digunakan untuk menutupi biaya kuliah, buku, tempat tinggal, dan kebutuhan pendidikan lainnya.

Di Indonesia istilah ini memang tak lazim. Sebab, student loan lebih akrab di beberapa negara barat, seperti Amerika atau negara-negara Eropa. Meski, Indonesia pernah punya konsep serupa pada 1982 bernama Kredit Mahasiswa Indonesia atau KMI.


Dikutip dari KOMPAS.id  sejauh ini ada dua opsi skema pinjaman. Pertama, kredit jangka panjang dengan hak tanggungan. Skema ini menyerupai student loan di Amerika Serikat dan Kanada yang mana tenor pembayaran sudah ditetapkan sejak awal

Sementara, opsi skema kedua, sistem pinjaman berbasis pendapatan. Dalam skema ini, pembayaran cicilan disesuaikan dengan level pendapatan mahasiswa setelah lulus.

Nah, Kompasianer, apakah kamu punya pengalaman memanfaatkan student loan ini? Bagaimana pengalamanmu? Apakah itu cukup membantumu dalam menyelesaikan studi?

Lalu, berdasarkan pengalamanmu, apa kelebihan dan kekurangan student loan ini? Dan apa yang harus diperhatikan sebelum memanfaatkan student loan?

Bagaimana menurutmu jika student loan diterapkan di Indonesia, apakah kamu setuju dan apa alasannya?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun