Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Analisis Artikel Utama

Ketika Para Artis Melenggang Parlemen, Mau Ngapain?

25 Februari 2024   06:41 Diperbarui: 29 Februari 2024   01:19 170
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi: Suasana rapat paripurna. (Diolah kompasiana dari sumber: KOMPAS.com/ADHYASTA DIRGANTARA)

Kompasianer, apakah kamu salah satu yang menaruh harapan kepada caleg artis? Harapan apa yang kamu titipkan kepada mereka? Atau justru kamu pesimis? Apa alasannya?

Sebelum lebih jauh, disclaimer dulu, nih. Hitungan suara belum selesai sampai berita admin ini dibuat. Jadi, beberapa nama artis yang disebutkan masih sebatas prediksi.

Sampai 20 Februari 2024, setidaknya ada banyak nama artis yang diprediksi akan lolos ke Senayan yang bakal mewakili kita sebagai wakil rakyat.

Nama-nama tersebut antara lain Ahmad Dhani, Jihan Fahira, Krisdayanti, Farrel Bramastya, Mulan Jameela, Uya Kuya, hingga Eko Patrio. Total, seperti diberitakan KOMPAS.com, ada 10 nama artis yang diprediksi tembus parlemen.

Para artis tersebut didominasi dari latar belakang musisi, kemudian disusul entertainer.

Lolosnya para artis ini jelas bukan pertama. Dua pemilihan umum nama-nama para artis cukup ramai menghiasi foto baliho hingga surat suara. Dengan kata lain, dalam dua pemilihan umum sebelumnya para artis selalu partisipasi ikut kontestasi.

Namun, dari yang sudah-sudah apakah menurutmu kamu mereka bisa sudah bisa memberikan kerja yang memuaskan rakyatnya? Cukupkah modal nama beken dan popularitas untuk melakukan kerja-kerja rakyat? Dan sejauh mana mereka sudah berkapabilitas politik sebagai legislator?

Lalu mengapa nama-nama mereka justru tenggelam ketika sudah lolos ke parlemen? Apakah jangan-jangan mereka hanya vote getter saja? Menurutmu, sukseskah kalau memang itu strateginya?

Adakah yang bisa kita lakukan untuk mendukung para artis ini dalam menjalani tugasnya sebagai wakil rakyat? Evaluasi apa yang ingin kamu berikan kepada para artis terpilih?

Bagikan opini dan gagasan kamu terkait hal ini di Kompasiana dengan menyematkan label Artis Parlemen pada tiap konten yang kamu buat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun