Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Petugas Keamanan yang Perlu Tanda Jasa

9 November 2023   18:49 Diperbarui: 10 November 2023   08:45 210
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: Seragam satpam. (Diolah kompasiana dari sumber: Kontan.co.id)

Kerja setiap malam, terjaga saat semua orang tidur terlelap, dan berkeliling dari satu jalan ke jalan lainnya. Ada yang tahu pekerjaan apakah itu? Ya, betul: Ninja! Berchandyaaa~

Maksudnya adalah petugas keamanan. Satpam, sekuriti, kamtib, atau hansip.

Profesi petugas keamanan kerap dianggap sebagai pekerjaan sosial di tengah lingkungan kita. Tak jarang gajinya diambil dari patungan warga. Padahal tugasnya tidak main-main, untuk menyelenggarakan keamanan dan ketertiban!

Bukan hanya itu. Ia juga perlu mengayomi warga dengan tetap menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat. Karena apapun masalahnya, petugas keamanan perlu turun terlebih dulu.

Jadi bukan lagi sekadar kuat secara fisik, petugas keamanan mesti bijak serta matang secara pikiran dan emosional.

Tentu ini juga bukan sekadar petugas keamanan lingkungan rumah, ada pula mereka-mereka yang bertugas menjaga ketertiban di stasiun/terminal hingga pusat perbelanjaan. Intinya, di mana ada kerumunan di situ pula petugas keamanan hadir.

Mungkin kita tidak banyak berinteraksi dengan mereka. Tetapi berkat merekalah, kita bisa menjalani aktivitas sehari-hari lebih dengan lancar. Aman, nyaman.

Kami ingin coba angkat sosok profesi ini pada momen perayaan Hari Pahlawan Nasional. Apakah Kompasianer punya sosok petugas keamanan yang ingin diceritakan? Bagaimana jasanya selama ini? Apa suka duka yang ia alami?

Ada cerita menarik yang melibatkan langsung dengan kehadiran petugas keamanan? Tuliskan kisah mereka dengan menambahkan label Pahlawan Keamanan (mengunakan spasi) pada tiap konten yang dibuat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun