Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Penyakit Jantung Koroner Mengancam, Saatnya Anak Muda Gabung KJS!

30 September 2023   10:34 Diperbarui: 30 September 2023   13:51 742
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diolah Kompasiana dari Shutterstock via KOMPAS.com

Apakah pernah bergabung dengan Klub Jantung Sehat (KJS) tersebut? Bagaimana kegiatan-kegiatan klub jantung sehat di sana? Pada usia berapa rata-rata meraka yang gabung?

Bagaimana Kompasianer melihat anak muda akan kesehatan jantung? Apakah sudah baik atau masih kurang?

Hal yang perlu diperhatikan anak muda saat ini adalah bahaya penyakit jantung koroner. Pasalnya, dari beragam penelitian, penyakit jantung koroner pada usia muda berkontribusi terhadap 2-6 persen seluruh kejadian serangan jantung.

Apalagi tanda maupun gejalanya kerap kita dengar dari anak-anak muda: keluhan rasa tidak nyaman di dada atau nyeri dada (angina) yang berlangsung selama lebih dari 20 menit saat istirahat atau saat aktivitas.

Sudah begitu selain rasa nyeri di dada itu akan disertai gejala keringat dingin atau gejala lainnya seperti lemah, rasa mual, dan pusing.

Peringatan Hari Jantung Sedunia diperingati setiap tahunnya pada 29 September guna mengingatkan masyarakat tentang kesehatan jantung.

Nah, pada peringatan tahun ini, Hari Jantung Sedunia 2023 mengusung tema global "Use Heart Know Heart". Sedangkan untuk tema nasional menjadi "Kenali Jantung Sehatmu, Sayangi Jantungmu".

Apakah ini saatnya anak muda ikut klub-klub jantung sehat yang biasanya ada di lingkungan rumah mereka? Siapa tahu setidaknya bisa mengubah gaya hidup seperti lebih teraturnya pola makan hingga mengurangi stres, kan?

Atau, seperti yang Kompasianer perhatikan, adakah kebiasaan hidup anak muda sekarang yang membuat mereka lebih berpotensi terkena penyakit jantung koroner? Hal kecil apa yang bisa dimulai untuk memperbaikinya?

Apa yang bisa dilakukan oleh kita maupun pemerintah agar ini bisa jadi kesadaran bersama? Silakan tambah label Hari Jantung Sedunia 2023 (menggunakan spasi) pada tiap konten yang dibuat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun