Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Book Artikel Utama

Suka dan Duka Menerbitkan Buku (Sendiri)!

7 Juli 2022   00:35 Diperbarui: 7 Juli 2022   05:08 662 56 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi menerbitkan buku (Gambar diolah Kompasiana dari sumber Thinkstock via kompas.com)

Sebagai penulis, tentu kita ingin karya-karya kita dibukukan dan diterbitkan? Pernahkah ada penerbit yang menawarkan tulisan-tulisan Kompasianer untuk dibukukan? Apa saja tahapan yang perlu dilalui?

Atau, apakah Kompasianer pernah menerbitkan buku secara mandiri? Apa saja kendala yang kerap dihadapi ketika Kompasianer hendak menerbitkan buku?

Kurang percaya diri? Sulit mencari editor/proof reader yang mumpuni? Jasa desainer atau ilustrator yang mahal? Pusing memikirkan layout? Bingung memilih material kertas dan vendor percetakan? Repot mengurus ISBN? Awam dengan strategi promosi yang efektif? Bingung cara pendistribusian ke toko buku?

Lalu bagaimana cara Kompasianer mengatasi tantangan tersebut? Berapa biaya yang dikeluarkan hingga buku siap dipasarkan? Di mana biasanya kamu menjual buku tersebut? Momen apa yang paling berkesan?

Pada Hari Pustakawan Nasional yang jatuh pada 7 Juli, bolehlah kita sama-sama saling berbagi kiat terkait penerbitan buku. Apalagi, sebagaimana tugas seorang pustakawan, kita juga tetap berupaya memperjuangkan literasi masyarakat Indonesia, bukan?

Silakan tulis suka dan duka Kompasianer terkait topik ini dengan menambahkan label Menerbitkan Buku (menggunakan spasi) pada tiap konten yang dibuat.

Optimasikan kontenmu di Kompasiana!
Optimasikan kontenmu di Kompasiana!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan