Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Artikel Utama

Konflik Rusia-Ukraina dan Potensi Perang Dunia Ketiga

3 Februari 2022   21:10 Diperbarui: 4 Februari 2022   03:15 595 20 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Konvoi kendaraan lapis baja Rusia di sepanjang jalan raya di Krimea. (Diolah kompasiana dari sumber: AP PHOTO via kompas.com)

Jika tidak menemukan titik terang antara Rusia dengan Ukraina, menurut Kompasianer apakah akan terjadi Perang Dunia ke-3?

Konflik ini bermula antara negara Rusia dan Ukraina yang menyeret Amerika Serikat (AS) dan NATO. Rusia menuding pihak "Barat" kerap mengabaikan keamanan Rusia.

Rusia ingin Barat berjanji agar Ukraina tak bergabung dengan aliansi pertahanan mereka, NATO. Meski kedua belah pihak terus bernegosiasi, situasi di wilayah itu semakin tegang.

Meski Rusia bersikukuh mengatakan tak berencana menyerang Ukraina; dan Kepala Angkatan Bersenjata Rusia Valery Gerasimov mengecam pemberitaan tentang rencana invasi itu, tetapi sudah ada 100.000 tentara disiapkan di wilayah perbatasan antara Rusia-Ukraina.

Jika benar akan ternjadi perang antara Rusia-Ukraina, ada beberapa hal yang akan terjadi, khususnya perdagangan internasional.

Harga gas alam juga terancam kembali menguat jika konflik sampai pecah karena akan mengganggu penyaluran gas alam di Eropa, konsumen gas utama dunia. Akibatnya ini akan mendorong harga komoditas energi pengganti gas alam seperti minyak dan batu bara.

Bagaimana tanggapan Kompasianer atas ketegangan yang terjadi pada Rusia dan Ukraina?

Kalau benar terjadi perang, apakah yang terjadi perang dengan saling-angkat senjata seperti dulu? Masihkah perang seperti itu dilakukan?

Silakan tambah label Konflik Rusia Ukraina (menggunakan spasi) pada tiap konten yang dibuat.

Optimasi kontenmu di Kompasiana!
Optimasi kontenmu di Kompasiana!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan