Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Balada Menemukan Asisten Rumah Tangga yang Sehati

20 November 2021   08:19 Diperbarui: 20 November 2021   15:00 360 22 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi asisten rumah tangga. (Diolah kompasiana dari sumber: FREEPIK/PROSTOOLEH via kompas.com)

Siapa bilang punya mencari asisten rumah tangga itu mudah? Pasti ada aja kendalanya. Ada yang cocok, tapi ternyata setelah bekerja sebulan sudah minta pulang kampung.

Ada yang sudah dipercaya bertahun-tahun, tapi ternyata berujung kasus seperti yang kini tengah dialami Nirina. ART-nya menggadaikan sejumlah aset milik keluarga Nirina.

Tenaga Asisten Rumah Tangga (ART) sering diandalkan untuk membantu kita menyelesaikan pekerjaan di rumah. Mencuci, menyeterika, mengasuh anak, sampai menjaga rumah bila sedang ada keperluan di luar rumah.

Memang, menemukan ART adalah sebuah fase yang tidak mudah. Selain keterampilan bekerja, kepribadiannya tentu menjadi pertimbangan. Apalagi orang tersebut akan banyak bergaul dengan keluarga yang kita sayangi.

Karenanya, kita perlu ekstra berhati-hati.

Meski begitu, ART yang terampil dan bertanggung jawab pun ada banyak! Bahkan ada tak jarang hubungan dengan ART menjadi demikian akrab, menjadi orang kepercayaan, hingga diangga saudara.

Kompasianer, bagaimana kisahmu mengenali ART pada awal mulanya? Berapa gaji dan tunjangan/kesejahteraan yang kamu berikan? Apakah memiliki kiat bagi mereka yang gonta-ganti ART karena terkendala banyak hal? Apa plus minus menggunakan jasa penyalur?

Jika Kompasianer berprofesi sebagai ART atau tenaga yang melayani pekerjaan domestik, bagaimanakah pandanganmu? Apakah kamu memiliki keluhan, saran, atau pengalaman yang dapat dibagikan selama menjalani profesi?

Yuk, bagikan pengalaman, opini dan kiatmu di Kompasiana. Sertakan label Asisten Rumah Tangga pada tiap konten yang kamu buat.

Optimasi kontenmu di Kompasiana!
Optimasi kontenmu di Kompasiana!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan