Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Dapat Notifikasi Kantor di Luar Jam Kerja, Wajar Nggak Sih?

16 November 2021   20:17 Diperbarui: 17 November 2021   05:31 373 15 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi bekerja dari rumah. (Diolah kompasiana dari sumber: shutterstock via kompas.com)

Tingtung! Ada saja WhatsApp dan email kerja yang masuk setelah lewat jam kerja. Kompasianer pernah mengalaminya?

Terkadang, saat menerima telepon atau pesan dari atasan, perasaan dilema dan was-was pun muncul bersamaan; mending langsung respons atau dibiarkan saja ya?

Kalau langsung direspon, nanti malah disuruh selesaikan pekerjaan. Tapi kalau dibiarkan justru makin bikin cemas karena dikira tidak cepat tanggap. Padahal kan, kita hidup perlu yang namanya work-life balance, iya kan?

Ngomongin soal work-life balance, kamu sudah tahu belum kalau negara Portugal menetapkan aturan ketenagakerjaan baru yang mana bos dilarang menghubungi stafnya di luar jam kerja?

Tak hanya itu, jika atasan kedapatan menghubungi staf di luar jam kerja, perusahaan bisa kena denda lho!

Nah, kalau peraturan tersebut diterapkan pada dunia kerja di Indonesia, apakah Kompasianer setuju? Bagaimana tanggapan Kompasianer mengenai isu tersebut?

Jika aturan tersebut belum bisa diterapkan di Indonesia, apakah kamu punya kiat tersendiri agar notifikasi tidak mengganggu istirahatmu? Misalnya dengan menggunakan fitur "do not disturb" atau mode silent pada HP? Fitur ios/android apa yang sering kamu gunakan untuk mengakalinya?

Bagaimana jika pekerjaanmu adalah jenis profesi yang memang tidak jelas waktu kerjanya? Misalnya berhubungan dengan jam kerja internasional, profesi medis, freelancer, atau layanan publik? Bagaimana menyikapi notifikasi di saat waktu istirahat ini?

Mari, tuliskan pengalaman, opini, serta bocoran trik supaya lebih "namaste" dari notifikasi kantor. Tambahkan label Jam Kerja Kantor pada setiap konten yang dibuat.

Optimasi kontenmu di Kompasiana!
Optimasi kontenmu di Kompasiana!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan