Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Artikel Utama

Lihat Kebunku, Ada Buah, Sayur, dan Tanaman Obat

21 Juli 2021   23:24 Diperbarui: 22 Juli 2021   05:46 822 17 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lihat Kebunku, Ada Buah, Sayur, dan Tanaman Obat
Diolah Kompasiana dari pallishreenursery.com

Duh asyiknya kalau mau masak bisa langsung petik bahan di kebun sendiri! Kol, wortel, bawang, cabai, tomat, kangkung, dan kentang. Makanan penutupnya tinggal petik jambu ranum, sawo, atau mangga.

Tak hanya bahan pangan harian, kita juga bisa memanfaatkan sebidang tanah kecil di rumah untuk menumbuhkan tanaman obat keluarga (TOGA).

Tinggal ambil sereh, limau, dan jahe. Seduh dengan air hangat, lalu seruput untuk menyehatkan badan. Gratis dan praktis!

Sayangnya, tidak semua orang tahu cara berkebun. Tidak tahu cara memperhitungkan masa tanam, menggemburkan tanah, menyemai benih, intensitas menyiram, jumlah matahari yang diperlukan, dan lain sebagainya.

Apalagi, setiap tanaman membutuhkan trik penanganan masing-masing. Salah-salah, malah busuk dan mengundang penyakit.

Tetapi, ada juga orang yang pintar berkebun walau tanpa belajar. Dari sini lah istilah "tangan dingin" itu muncul. Semua tanaman bisa tumbuh baik tanpa perlu trik macam-macam.

Kompasianer, apakah kamu memiliki cara, tahapan, dan kiat berkebun yang dapat dibagikan? Terutama bagi mereka yang tidak memiliki lahan besar di rumah.

Buat konten tutorial dan kiat dengan label Kebun di Rumah pada setiap konten yang kamu buat. Jangan lupa masukkan ke dalam kategori "Life Hack"

Mohon tunggu...
Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan