Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Artikel Utama

Sejarah Organisasi-organisasi pada Masa Pergerakan Indonesia

25 Juni 2021   16:52 Diperbarui: 25 Juni 2021   21:30 158 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sejarah Organisasi-organisasi pada Masa Pergerakan Indonesia
Ilustrasi patung-patung pendiri Organisasi Budi Utomo, Sabtu (19/5/2018). Tanggal pendirian organisasi tersebut, 20 Mei 1908. (Foto: KOMPAS/Wisnu Widiantoro)

Masa Pergerakan Indonesia dimulai pada tahun 1908 dengan berdirinya Budi Utomo yang digagas oleh dr. Wahidin Sudirohusodo. Sejak saat itu, Indonesia memasuki periode Pergerakan Nasional hingga tahun 1942.

Dalam kurun waktu yang tidak sebentar itu, organisasi sosial dan politik pun bermunculan. Setelah Budi Utomo, muncul pula Indishce Partij, Perhimpunan Indonesia, Sarekat Islam, Perhimpunan Indonesia, PNI (Partai Nasional Indonesia), dan masih banyak lagi.

Yang membedakan organisasi pada masa tersebut dengan periode sebelumnya, organisasi pada masa Pergerakan Nasional memiliki visi nasional untuk kesejahteraan umum dan kemerdekaan.

Kompasianer, sejarah adalah medium pembelajaran yang baik. Mengetahui gerakan pada masa tersebut membuat kita lebih menghargai proses panjang di masa lampau dan mempertahankannya di masa sekarang.

Karenanya, yuk kita bantu studi para pelajar dengan membuat konten pelajaran sejarah tentang organisasi pada Masa Pergerakan Nasional (1908-1942). Apa latar belakang terbentuknya, apa visi misinya, siapa pendirinya dan apa perannya bagi masyarakat Indonesia?

Supaya dengan demikian, kita juga mengingat nilai-nilai kebangsaan yang bisa kita terapkan di masa-masa sulit saat ini.

Buat konten materi pelajaran di Kompasiana. Berikan label Masa Pergerakan Nasional (menggunakan spasi) pada tiap konten yang dibuat. Masukkan ke dalam subkategori "Ilmu Sosbud dan Agama" di Ruang Kelas.

Dok. Kompasiana
Dok. Kompasiana

VIDEO PILIHAN