Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Paskah 2021, Mengapresiasi Hidup dengan Semangat Solidaritas

31 Maret 2021   23:46 Diperbarui: 1 April 2021   05:30 4577 21 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Paskah 2021, Mengapresiasi Hidup dengan Semangat Solidaritas
Ilustrasi paskah. (Diolah kompasiana dari sumber: pixabay/geralt)

Menuju Hari Raya Paskah yang tahun ini diperingati pada 4 April 2021, segenap umat Kristiani kini tengah menjalani pekan prapaskah terakhir.

Beberapa di antaranya telah memulai Pekan Suci dengan merayakan Minggu Palma, yang kemudian akan dilanjut dengan Tri Hari Suci: meliputi Kamis Putih, Jumat Agung, dan Malam Paskah.

Melalui laman website resminya, Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) menetapkan "Berpaling Kepada Sang Hidup" sebagai tema besar Paskah 2021.

Sementara Komisi Waligereja Indonesia (KWI) mengangkat "Semakin Beriman Semakin Solider (Membangun Ekonomi Solidaritas)" sebagai tema APP Nasional 2021.

Dari keduanya, kita dapat menarik benang merah bahwa pada tahun ini umat Kristiani ingin mengajak setiap insan untuk mengapresiasi kehidupan setelah didera banyak sekali ancaman kesehatan fisik maupun mental selama pandemi.

Setelah mengalami perjalanan yang panjang, kini saatnya bagi kita untuk mensyukuri kehidupan dari Sang Mahapengasih, dengan membantu sesama manusia yang kurang beruntung.

Kompasianer, adakah di antara Anda yang mau menuliskan refleksi atas hidup yang kini dijalani walau diterpa banyak tantangan? Bagaiman Anda bersyukur? Bagaimana cara Anda membantu kesulitan orang lain?

Pesan atau renungan apa yang didapat pada Paskah kali ini? Adakah ritus perayaan Paskah yang berbeda dibanding tahun lalu? Ataukah Anda memiliki pengalaman religi yang bisa dibagikan?

Ceritakan kisah, pengalaman, opini, dan reportase dengan memberi label Paskah 2021 (menggunakan spasi) pada tiap konten yang dibuat.

VIDEO PILIHAN