Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Komunitas yang Paling Aktif Berkegiatan Selama Tahun 2020

13 Januari 2021   19:58 Diperbarui: 14 Januari 2021   07:29 363 33 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Komunitas yang Paling Aktif Berkegiatan Selama Tahun 2020
Dokumentasi Kompasiana

Tahun 2020 bisa dikatakan sebagai tahun yang "spesial". Pandemi yang melanda tak bisa dipungkiri mengubah pola hidup kita. Mobilitas terbatas dan kita lebih banyak melakukan kegiatan dari rumah.

Aktivitas komunitas pun juga berubah. Kumpul-kumpul dan kegiatan yang biasanya dilakukan secara tatap muka harus dikurangi demi menekan laju pandemi. Namun, hal tersebut tidak membuat semangat untuk berjejaring dan berkomunitas padam.

Komunitas berusaha untuk beradaptasi agar tetap menjalin dan menjaga keakraban dengan mengubah pola kegiatan menjadi virtual dengan jenis kegiatan yang beragam.

Meski berlangsung dengan segala keterbatasan, di sepanjang tahun 2020 ada 237 kegiatan yang diadakan oleh komunitas-komunitas yang bernaung di Kompasiana. Berikut kami rangkum enam komunitas teraktif berkegiatan pada periode tahun 2020.

Peringkat 5: Komunitas Kompasianer Purwakarta (WargaKota)
WargaKota merupakah wadah silaturahmi bagi Kompasianer yang berdomisili di wilayah Purwakarta dan sekitarnya. Komunitas yang baru terbentuk di awal tahun 2020 ini melakukan 11 kegiatan di tahun lalu.

Logo Komunitas WargaKota| Dokumentasi WargaKota
Logo Komunitas WargaKota| Dokumentasi WargaKota
Mengadakan kelas menulis artikel hingga skenario film pendek dan berbagi informasi yang berkaitan dengan pengelolaan aset di ranah digital jadi salah satu jenis kegiatan yang dilakukan WargaKota.

Peringkat 4: Komunitas Kompasianer Jogja (K-Jogja) dan Komunitas Traveler Kompasiana (Koteka)

Logo Komunitas K-Jogja| Dokumentasi Kompasiana
Logo Komunitas K-Jogja| Dokumentasi Kompasiana
Sama-sama melakukan 18 kegiatan di tahun 2020 membuat Komunitas Kompasianer Jogja (K-Jogja) dan Komunitas Traveler Kompasiana (Koteka) masuk dalam peringkat 4 komunitas teraktif.

Tak hanya mengeksplorasi kuliner lokal dan dolan heritage saja. K-Jogja melakukan donasi yang berkolaborasi dengan komunitas lokal. Selain itu, K-Jogja juga mengandeng para kompasianer, kreator konten, dan masyarakat umum untuk ikut even "Donasi Posting" sebagai bentuk dukungan pada UMKM yang terdampak pandemi.

Logo Komunitas Koteka| Dokumentasi Kompasiana
Logo Komunitas Koteka| Dokumentasi Kompasiana
Geliat pariwisata di tahun 2020 mungkin menurun, tapi itu tak serta merta menurunkan semangat Komunitas Traveler Kompasiana (Koteka) melakukan kegiatan.

Di sepanjang 2020, Koteka kerap melakukan talkshow yang tentunya berhubungan dengan dunia traveling. Event talkshow yang rutin dilaksanakan setiap Sabtu ini pun selalu mengusung tema yang tak kalah menarik. Mulai dari persiapan wisata di era new normal sampai serunya bertualang keliling Indonesia dari kacamata traveler dunia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x