Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Media Artikel Utama

Wartakan Kondisimu Selama Covid-19

23 Maret 2020   20:22 Diperbarui: 24 Maret 2020   04:51 2173 19 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wartakan Kondisimu Selama Covid-19
Ilustrasi Diolah dari ANTARA FOTO via KOMPAS.com

Panggilan untuk Kompasianer Regional dan Diaspora. Covid-19 tidak hanya merebak di negara kita, tetapi juga terjadi di belahan bumi lainnya. Maka sudah sepatutnya kita saling beri kabar, bahu-membahu, dan menguatkan sebagai sesama manusia.

Begitu pula di Indonesia. Telah lewat 20 hari sejak ditetapkannya Darurat Bencana, pemberitaan kasus Covid-19 di sejumlah provinsi masih terbilang minim dibanding pemberitaan Jabodetabek. Padahal kasus pada level regional, kian bertambah.

Sosialiasi pencegahan penyebaran Covid-19 yang minim di sejumlah daerah juga menyebabkan masyarakat menjadi abai. Alih-alih menjaga kebersihan diri dan melakukan karantina mandiri, masyarakat malah menyelenggarakan pertemuan akbar yang berisiko menjadi medium ideal penyebaran Covid-19.

Sementara itu, unit kesehatan di berbagai lokasi mengalami kelangkaan Alat Pelindung Diri (APD). Situasi ini memicu warganet berinisiatif melakukan penggalangan dana di media sosial demi ketersediaan APD di daerah seperti Flores, Sulsel, Papua, Aceh, dan lain-lain.

Kita sadar bahwa media belum sepenuhnya bisa menjangkau kebutuhan masyarakat karena satu dan lain hal. Oleh karena itu, Kompasiana ingin mengajak Kompasianer di manapun Anda berada untuk menceritakan perkembangan situasi di lokasi tinggal Anda, baik di dalam dan luar negeri.

Kisahkan situasi dan kebutuhan yang belum terpenuhi. Jangan lupa ingatkan orang di sekeliling Anda untuk tidak cemas, selalu mencuci tangan dan sedapat mungkin #DiRumahAja. Semoga kerja sama antarmasyarakat, media, dan pemerintah dapat menekan angka korban di negeri ini.

Bagikan info, reportase, dan energi positifmu dengan menambahkan label Corona Hari Ini (dengan spasi) pada tiap konten Anda. Teruskan juga di media sosial, supaya makin banyak orang terbantu.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x