Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Merefleksikan Kembali Peristiwa Isra Miraj

20 Maret 2020   21:40 Diperbarui: 24 Maret 2020   23:37 2159 13 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Merefleksikan Kembali Peristiwa Isra Miraj
Ilustrasi diolah dari gambar shutterstock

Isra Miraj adalah mujizat, sebuah perjalanan Nabi Muhammad ke langit dalam satu malam. Isra merupakan perjalanan dari Mekkah ke Baitul Maqdis, lalu Miraj adalah perjalanan dari Baitul Maqdis menuju Sidratul Muntaha, tempat beliau bertemu dengan Allah SWT untuk menerima perintah sholat, langsung tanpa perantara Jibril.

Atas pertemuan itulah Nabi Muhammad mendapat perintah dari semua sholat 50 kali dalam sehari, berubah jadi 5 waktu. Dan itu masih umat muslim lakukan sampai hari ini.

Terlepas dari bagaimana perjalanan ke langit hingga dipertemukan oleh Allah SWT, di balik itu semua, ada ketakwaan yang Nabi Muhammad lakukan. Pada setiap cobaan dan kesedihan yang Nabi Muhammad terima, ia akan terima dengan segala bentuk asal terhindar dari murka-Nya.

Peringatan Isra Miraj kembali penting kita refleksikan atas peristiwa yang terjadi belakangan ini. Cobaan sampai peristiwa yang tidak mengenakkan, barangkali, terasa berat pada 3 bulan pertama tahun ini. Ada yang bisa selesai atau terlewat begitu saja.

Pada momen peringatan Ira Miraj kali ini, kami ingin mengajak Kompasianer untuk berbagi kisah atau cerita mungkin atas masalah yang awalnya tidak terbayangkan --bahkan berat-- tapi bisa selesai.

Silakan tulis topik berikut dengan menambahkan label Refleksi Isra Miraj (menggunakan spasi) pada setiap konten yang dibuat.

VIDEO PILIHAN