Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

[Topik Pilihan] Masih Adakah yang Memperjuangkan Hak Kita sebagai Manusia?

10 Desember 2019   19:10 Diperbarui: 10 Desember 2019   20:51 192 9 0 Mohon Tunggu...
[Topik Pilihan] Masih Adakah yang Memperjuangkan Hak Kita sebagai Manusia?
Diolah dari Pixabay

Kompasianer, adakah orang di sekitar kalian yang pernah kalian ketahui telah berkontribusi pada pelaksanaan HAM dari hal yang terkecil? Bagikan kisah mereka yuk!

Pasalnya, aksi mereka tersebut merupakan tindakan yang "beyond" alias melampaui apa yang dibutuhkan: tak hanya memerdekakan dirinya, tetapi juga memperjuangkan hak orang lain.

Seperti yang kita ketahui menurut Nelson Mandela, menolak pemenuhan hak asasi manusia,  berarti menantang kemanusiaan itu sendiri.

"Membuat seseorang berada dalam penderitaan dengan kelaparan dan hidup yang penuh kekurangan (kemiskinan) berarti tidak memanusiakan mereka," ujar Nelson Mandela yang memperjuangkan hak orang kulit hitam saat politik apartheid.

Ada banyak, barangkali, orang-orang seperti Nelson Mandiri di sekitar kita. Hanya saja, kadang, kita tidak menyadarinya. Orang tersebut yang dengan rela menanggalkan privasinya guna membantu kemaslahatan orang banyak.

Dalam memperingati hari Hak Asasi Manusia Internasional tahun ini, kami ingin mengajak Kompasianer untuk menuliskan sosok-sosok tersebut, sebagai bentuk apresisasi untuknya.

Silakan tulis pengalaman atau reportase Kompasianer terkait topik berikut dengan Hari HAM 2019 (menggunakan spasi) pada setiap artikel.

VIDEO PILIHAN