Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

[Topik Pilihan] Jaga Terus Persaudaraan Kita

20 Agustus 2019   17:44 Diperbarui: 21 Agustus 2019   14:13 0 22 2 Mohon Tunggu...
[Topik Pilihan] Jaga Terus Persaudaraan Kita
ilustrasi diolah dari foto Antara/Sevianto Pakiding (KOMPAS)

Pasca aksi unjuk rasa yang terjadi di Jayapura, Manowari, Sorong, dan beberapa wilayah di Indonesia atas insiden yang dialami mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur, telah berangsur normal.

Tidak hanya itu, Lukas Enembe Gubernur Papua sendiri mengapresiasi aksi unjuk rasa tersebut karena berjalan damai. Bahkan massa pun bertemu langsung dengan Gubernur untuk menyampaikan sikap yang mengencam aksi persekusi dan rasisme.

Presiden Joko Widodo beserta Kapolri Jendral (Pol) Tito Karnavian dengan tegas akan menindak oknum warga dan aparat keamanan yang terlibat.

Namun, pemerintah juga berjanji akan terus menjaga kehormatan dan kesejahteraan seluruh masyarakat Papua dan Papua Barat.

Kejadian ini semestinya bisa menjadi pembelajaran ke depan. Sebab, biar bagaimanapun, segala bentuk perpecahan antar-warga tidak boleh terjadi lagi --atas dasar apapun.

Silakan Kompasianer bisa menuliskan opininya mengenai topik berikut dengan menambahkan label KitaSemuaBersaudara (tanpa spasi) pada setiap artikel.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x