Kompasiana
Kompasiana Official

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Media Artikel Utama

Sudahkah Membaca Kisah Pahlawan di Kolaborasi Interaktif Kompasiana?

12 Oktober 2017   15:47 Diperbarui: 11 Desember 2017   12:15 4784 26 12
Sudahkah Membaca Kisah Pahlawan di Kolaborasi Interaktif Kompasiana?
KIK

Setiap harinya Kompasiana selalu saja kedatangan konten yang menarik khas warga. Konten tersebut mengalir deras di laman muka Kompasiana maupun yang terhimpun dalam Topik Pilihan.

Sayang rasanya jika konten-konten tersebut mengalir deras begitu saja tanpa adanya saluran atau kanal yang dapat menghimpun dan mengemas kembali dengan "bungkus" yang lebih menarik dan renyah.

Sejak beberapa tahun lalu, kami menghimpun dan menyajikan kembali kumpulan konten menarik tersebut ke dalam suatu kemasan kolaboratif melalui Kilas Kompasiana. Artinya, banyak konten dengan cerita yang berkaitan dari beberapa Kompasianer kami ceritakan dan sajikan kembali agar pembaca lebih mudah mengetahui dan memahami isu yang sedang hangat dan populer. 

Tidak hanya karya berupa reportase dan opini, karya fiksi yang kian meramaikan aliran konten Kompasiana pun kami "jahit" kembali. Bahkan, melalui KIK kami juga akan mengemas konten reportade maupun konten dengan jenis lainnya yang belum pernah tayang sebelumnya di Kompasiana atau dalam Topik Pilihan itu sendiri. 

Pada dasarnya, kurasi konten seperti ini merupakan salah satu kekuatan Kompasiana sebagai platform blog. Oleh sebab itu, kami terus melakukan inovasi dan penyegaran. Salah satunya adalah Kolaborasi Interaktif Kompasiana (KIK) yang kami perkenalkan saat ini.

KIK Perdana
KIK Perdana

Kolaborasi Interaktif Kompasiana atau disingkat KIK merupakan kanal kolaboratif yang menyajikan cerita dari beberapa Kompasianer dengan penuturan yang renyah dan tampilan visual yang enerjik serta interaktif.

KIK sekaligus menjadi etalase karya Kompasianer dengan konten-konten positif.

"Mereka yang Membangun Indonesia dari Nol" adalah tema KIK perdana yang kami rilis. Pada edisi ini, KIK mengangkat kisah para pahlawan yang namanya tidak sepopuler Soekarno maupun Hatta, padahal mereka ikut membangun Indonesia dari nol. Rangkaian cerita tersebut berasal dari artikel yang telah tayang di Kompasiana.

Ada 15 artikel yang kami rangkum ke dalam satu kesatuan konten utuh, lengkap dengan grafisnya. Nama-nama Kompasianer yang ulasannya kami rangkum tercantum pada bagian bawah KIK sebagai kontributor. 

Dalam menentukan tema yang diangkat, kami tidak sebatas mengacu pada Topik Pilihan. Kami bisa saja mengangkat tema-tema tertentu di luar Topik Pilihan, yang tengah menjadi tren atau perbincangan di masyarakat. 

Menurut rencana dan penghitungan, KIK akan menyapa Anda tiap dua bulan mengingat pengerjaannya yang tidak sebentar. Tetapi, kami memiliki target untuk merilis KIK dengan berbagai tema di tiap bulan atau mungkin lebih sering. KIK akan terus menyempurnakan diri agar menjadi sebuah ruang kolaborasi yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Jadi, mari kita ucapkan selamat datang pada ruang kolaborasi ini! (yud/rul)


KUNJUNGI LAMAN KOLABORASI INTERAKTIF KOMPASIANA (KIK)