Kompasiana
Kompasiana Official

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Media Artikel Utama

Begini Tutorial Unggah Gambar dan Embed Youtube di "Dashboard" Kompasiana

27 April 2016   12:12 Diperbarui: 22 Oktober 2018   20:55 489 51 38
Begini Tutorial Unggah Gambar dan Embed Youtube di "Dashboard" Kompasiana
Ilustrasi: Kompasiana.com

Kompasiana hingga saat ini masih terus mengembangkan seluruh fiturnya yang ada di versi terbaru hingga sempurna. Setiap pengembangannya digarap secara bertahap, setiap fitur baru yang saat ini dipasang di Kompasiana dikerjakan secara hati-hati agar tidak terlalu menganggu aktivitas yang ada di Kompasiana. Kami mohon maaf jika selama pengembangan ini, Kompasianer akan mengalami sedikit gangguan dan Kompasianer mohon memakluman gangguan yang terjadi.

Demi kenyamanan Kompasianer saat menggunakan Kompasiana, saat ini kami mengubah dashboard tulis yang sebelumnya karena kurang nyaman untuk digunakan dan sering tidak kompatibel dengan fitur jejaring lainnya. Kami ubah dengan dashboard terbaru yang lebih mudah untuk digunakan. Kami yakin setiap ada fitur baru, Kompasianer juga memerlukan adaptasi dengan fitur terbaru.

Agar semakin mudah mengerti, Kami akan membantu Kompasianer dengan memberikan panduan dan tata cara penggunaan dashboard tulis terbaru Kompasiana yang lebih simpel.

Simak,

Memunculkan Toolbar dan Mengenal Perangkatnya

Kompasiana.com
Kompasiana.com
Pada tampilan dashboard lama, toolbar akan selalu berada di bagian atas. Pada dashboard versi baru, toolbar akan selalu mengikuti ke mana Anda meletakkan kursor dan ketika Anda blok tulisan. Tentunya posisi toolbar yang baru ini lebih memudahkan Kompasianer untuk mengedit artikel, karena toolbar akan selalu mengikuti posisi kursor ketika menulis. 

Pada dashboard terbaru ini, terdapat 2 macam toolbar, yaitu Quick Insert Toolbar dan Formatting Toolbar.

Quick Insert Toolbar yang berada di sisi kiri halaman tulis, berisikan fitur upload media dan embed Youtube. Penggunaan yang lebih instan, Kompasianer tidak perlu lagi mengakses formatting toolbar untuk mengunggah gambar atau embed youtube, langsung klik dan pilih foto maupun link Youtube yang ingin Anda tampilkan diartikel Anda.

Formatting Toolbar berada di sisi kursor Anda, dan kemungkinan juga akan dipasang di bagian atas. Fitur ini berisikan fitur untuk melakukan ubahan pada konten Anda seperti garis miring, tebal, garis bawah dan lainnya. Di dashboard terbaru ini juga menampilkan fitur yang berbeda yaitu Undo dan Redo (satu langkah). Fitur ini akan berfungsi mengembalikan aksi Anda sebelum atau sesudah. Saat ini Kompasianer juga sudah bisa melakukan embed youtube di tulisan.

Selanjutnya kami akan mengenalkan perangkat yang terdapat pada Formatting Toolbar.
Gambar 2. Perangkat Formatting Toolbar
Gambar 2. Perangkat Formatting Toolbar
  1. Bold untuk mempertebal karakter.
  2. Italic untuk membuat karakter menjadi miring.
  3. Underline untuk memberikan garis bawah pada karakter.
  4. Strikethrough untuk memberikan garis horizontal pada karakter.
  5. Blockquote untuk mencantumkan quote pada tulisan. 
  6. Paragraph Format untuk memberikan kata dengan format ukuran H1, H2, H3, dst.
  7. Alignment untuk mengatur tata letak paragraf (Kompasiana menetapkan rata kiri sebagai standar).
  8. Bullet and Numbering untuk membuat barisan list atau poin.
  9. Indent untuk membuat karakter menjadi menjorok ke dalam.
  10. Insert Image untuk mengunggah gambar ke kotak editor dan media library.
  11. Create Link untuk mencamtukan link pada kata.
  12. Youtube Embed untuk mencantumkan video yang berasal dari Youtube ke dalam artikel. 
  13. Undo dan Redo untuk mengembalikan isi konten ke posisi sebelumnya atau setelahya.

***

Embed Video dari situs Youtube
Salah satu kelebihan dari fitur dashboard tulis baru ini, Kompasianer sudah bisa mencantumkan video yang berasal dari situs Youtube ke tulisan di Kompasiana. Prosesnya pun kami buat lebih mudah dalam penggunaannya, Kompasianer tidak perlu lagi setting ukuran rasio atau apapun agar sesuai di halaman Kompasiana. Kompasiana akan menyesuaikan secara otomatis video dari Youtube dengan ukuran apapun. Cara penggunaannya cukup mudah, simak tata cara berikut ini.

Embed Youtube
Embed Youtube
Munculkan formatting toolbar dan pilih logo Youtube pada toolbar. Akan muncul kotak isian URL video dari Youtube yang ingin kita embed.
  1. Pastikan video berasal dari platform Youtube, jika berasal dari platform lain akan ditolak oleh dashboard.
  2. Kemudian copy/salin URL video Youtube yang ingin di-embed.
  3. Paste/tempelkan URL yang sudah disalin tersebut ke kotak isian URL yang muncul pada formatting toolbar.
  4. Jika sudah, klik insert untuk memasukkan video ke dalam konten artikel Anda. 

Catatan: Jika sumber youtube Anda bermasalah, juga akan mempengaruhi tampilan di Kompasiana.

***

Cara Mengunggah Gambar
Pada dashboard tulis baru ini, ada perbedaan tampilan untuk mengunggah dan memasukkan gambar ke dalam halaman editor. Untuk mengunggah gambar, Anda dapat menggunakan kedua toolbar tersebut yaitu Quick Insert Toolbar dan Formatting Toolbar. Perbedaannya Formatting Toolbar jauh lebih kompleks.

Sama seperti dashboard sebelumnya, setiap gambar WAJIB mencantumkan caption yang berisikan keterangan gambar dan sumber gambar yang Anda gunakan. Cara kali ini pun lebih mudah, seperti ini tata cara penggunaannya.

Insert caption terbaru
Insert caption terbaru
  1. Pilih icon gambar (Insert Image) pada toolbar.
  2. Kemudian akan muncul kotak dialog yang terdiri dari 2 icon, Icon pertama untuk mengupload gambar baru, sedangkan icon kedua untuk memasukkan gambar yang sudah pernah diupload (Media Library). Jika ingin memasukkan gambar baru, cukup klik bagian Drop Image dan Kompasianer akan diminta untuk memasukkan gambar yang ingin diunggah.
  3. Setelah mengunggah gambar, klik gambar dan akan muncul menu kotak yang tersedia tiga menu, replace, delete, dan caption. Kompasianer wajib mencantumkan caption dengan klik icon "i" dan Kompasianer diminta untuk melengkapi caption dan sumber gambar yang digunakan.
  4. Setelah berhasil, maka gambar akan otomatis masuk ke dalam editor. Caption yang sudah ada jangan pernah diubah posisinya, karena akan mempengaruhi tampilan depan tulisan.

Sumber Video: Channel YouTube Kompasiana TV

Jika Kompasiaer TIDAK mencantumkan sumber gambar, kami berhak menghapus foto yang Anda unggah karena telah melanggar ketentuan Kompasiana. 

Selamat bereksplorasi, Kompasianer!

***

Erick Setiawan dan Kevinalegion