Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Tekno Artikel Utama

Yuk, Nangkring Bareng JNE Ngobrolin Industri Kreatif pada Era Digital

8 Desember 2015   16:38 Diperbarui: 26 Januari 2016   15:16 2282 18 19 Mohon Tunggu...

[caption caption="Nangkring bareng JNE Ngobrolin Industri Kreatif pada Era Digital"][/caption]Lain dulu, lain sekarang. Sebelum muncul teknologi internet, komunikasi masih sangat terbatas. Jangankan belanja online, untuk memberi kabar kepada keluarga dan kerabat saja kita masih harus mengandalkan layanan suara atau short message service (SMS) dengan jumlah karakter kurang dari 200. Berbeda dengan saat ini, dimana kita bisa melakukan beragam aktivitas berinternet di mana saja dan kapan saja, mulai dari eksis di media sosial, menonton video streaming, hingga berbisnis secara online.

Dengan ‘sentuhan’ teknologi di setiap aktivitas yang kita lakukan, mulai bermunculan peluang bisnis berbasis internet, yang lebih dikenal dengan bisnis ekonomi kreatif. Aktivitas bisnis kreatif ini turut mempengaruhi kondisi perekonomian Indonesia. Tak sedikit jumlah pengusaha, mulai dari kecil hingga besar, yang mencoba peruntungan dalam menjalankan industri rumahan dengan menawarkan ragam produk kreatif dan unik. Hal itu bisa kita lihat dari banyaknya aplikasi, layanan dan jenis toko online yang hadir di dunia maya.

Kelancaran proses bisnis kreatif ini tidak lepas dari peran jasa logistik, sebagai operator pendistribusian barang-barang tersebut. JNE, sebagai salah satu perusahaan logistic terkemuka di Indonesia, kerap menjalin kerjasama dengan perusahaan e-commerce, mulai dari online shop berbasis bisnis rumahan hingga perusahaan berskala internasional. Seiring dengan visi dan misinya untuk menjadi perusahaan rantai pasok terdepan, JNE senantiasa berkomitmen untuk turut berperan aktif mendukung kemajuan perekonomian nasional dengan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan setia JNE.

Dalam rangka memperingati hari jadinya dengan tema “25 Tahun Merangkai Nusantara”, JNE bersama Kompasiana akan menggelar “Kompasiana Nangkring Bareng JNE”. Pada event tersebut, JNE ingin menyambut Hari Belanja Online Nasional dengan memberikan pemaparan mengenai rencana bisnis serta komitmen JNE pada 2016, yang akan dilakukan oleh Bapak Abdul Rahim Tahir selaku CEO Group JNE. Selain itu, turut hadir juga Bapak Mohamad Feriadi selaku Presiden Direktur JNE. JNE juga akan memperkenalkan inovasinya dalam bidang teknologi dan informasi serta akan digelar talkshow bertajuk “Industri Kreatif pada Era Digital”. Adapun rincian acaranya adalah sebagai berikut:

  • Acara: Kompasiana Nangkring bersama JNE
  • Tema: Industri Kreatif pada Era Digital 
  • Opening Speech: Mohamad Feriadi (Presiden Direktur JNE)
  • Pembicara:
    • Ricky Pesik (Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif)
    • Abdul Rahim Tahir (CEO Group JNE)
    • Iwan Setyawan (CEO Provetic)
    • Achmad Zaky (CEO Bukalapak.com)
  • Moderator:  News Anchor Kompas TV Liviana Cherlisa
  • Hiburan :  Stand Up Comedy
  • Hari/tanggal: Jumat, 11 Desember 2015
  • Waktu: 13.00 – Selesai (harap datang lebih awal untuk proses registrasi ulang)
  • Tempat: Auditorium Kantor Pusat JNE Lt. 7 – Jl. Tomang Raya No. 11, Jakarta Pusat
  • Kuota: 40 Kompasianer 

Untuk mendaftarkan diri, segera kirimkan email ke kompasiana[at]kompasiana[dot]com dengan subyek email “Daftar Nangkring JNE” dan sertakan data diri sebagai berikut:

  • Nama
  • URL akun Kompasiana
  • Alamat
  • Nomor telepon

Setiap peserta yang hadir akan mendapatkan merchandise menarik dan shopping voucher senilai Rp 200.000,-. Di tengah acara, akan ada tweet competition dengan hadiah menarik berupa shopping voucher senilai Rp 200.000,-. Untuk memenangkan hadiah, setiap peserta diharuskan men-tweet sepanjang acara berlangsung dengan mencantumkan hashtag: #25TahunJNE dan #Nangkring.

Setelah itu, JNE dan Kompasiana akan mengadakan Kompasiana Review, dimana para peserta yang hadir pada Kompasiana Nangkring bersama JNE ditantang untuk menuliskan reportase seputar acara dan tema pembicaraan. Setiap peserta diharuskan untuk mencantumkan label: 25 Tahun JNE di tiap tulisan. Periode kompetisi ini berlangsung pada 12 Desember – 25 Desember 2015. JNE dan Kompasiana akan memilih tiga orang pemenang dengan tulisan terbaik untuk mendapatkan hadiah menarik. (ALD)

Daftar Peserta Nangkring:

  1. Syifa Annisa
  2. Indra Furwita S
  3. Rahab Ganendra
  4. Tauhid Patriajaya
  5. Didik Purwanto
  6. Gapey Sandy
  7. Ang Tek Khun 
  8. Agung Han 
  9. Andri Mastiyanto
  10. Uci Junaedi 
  11. Akhmad Sekhu
  12. Khairunnisa Masllichul 
  13. E. Pratomo 
  14. Dewi Puspasari
  15. Rushan Novaly 
  16. Irpanudin Al Farisi
  17. Fahmi Idris
  18. Riap Windhu
  19. Egi Sukma Baihaki 
  20. Dennise Sihombing 
  21. Unggul Sagena
  22. Shendy Adam 
  23. Uli Hartati Panggabean 
  24. Rokhmah Nurhayati 
  25. Akhmad Al Johan 
  26. Arif Mafatia Karim 
  27. Selamet Hariadi 
  28. Rubika Nastiti
  29. Krisnawan Pambudi 
  30. Achmad Ubaidillah 
  31. Sakila Anggi Kusuma
  32. Trie Yas
  33. Muthiah Alhasany 
  34. Taufikuieks
  35. Muhammad Burniat
  36. Mochamda Nuzulul Arifin 
  37. Ratna Dewi 
  38. G. Sujayanto 
  39. Roy Rahmatullah 
  40. M. Hatta Tahir

 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x