Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Artikel Utama

Kompasiana Nangkring: Cara Mudah Kirim Uang dari Luar Negeri

25 November 2015   11:52 Diperbarui: 4 Desember 2015   17:32 1495 14 14 Mohon Tunggu...

[caption caption="BCA dan Kompasiana mengadakan Kompasiana Nangkring dengan tema "Cara Mudah Kirim Uang dari Luar Negeri"."][/caption]Kini, ketika era telah berganti dan teknologi sudah berkembang pesat, tak ada jarak yang mampu memisahkan Anda, keluarga dan kerabat. Jangankan berkomunikasi, bertransaksi valuta asing (valas) saja bisa dilakukan dengan begitu mudahnya. Bagi seorang diaspora, proses pengiriman valas dari luar negeri ke kampung halaman merupakan hal yang cukup mengkhawatirkan sekaligus merepotkan. Bagaimana tidak? Sebab, kita harus mencari waktu luang di tengah kesibukan aktivitas untuk mengunjungi kantor cabang bank. Belum lagi, ada selisih nilai kurs yang cukup signifikan, sehingga menyebabkan kerugian bagi Anda.  

Banyaknya aktivitas dan minimnya waktu luang dapat disiasati dengan memanfaatkan layanan perbankan elektronik. Sebagai bank yang inovatif, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank yang memiliki layanan perbankan elektronik terlengkap. Adalah e-Banking BCA, sebuah layanan perbankan berbasis elektronik yang diciptakan untuk menyelesaikan urusan perbankan di sela-sela kesibukan. Anda dapat mengakses e-Banking tersebut jika Anda melakukan transaksi menggunakan ATM/ATM Non Tunai/ATM Star BCA, m-BCA (STK), BCA by Phone, BCA Mobile, SMS Banking atau situs www.klikbca.com.

e-Banking BCA tak hanya berguna bagi nasabah yang kerap bertransaksi di dalam negeri, tetapi juga bagi diaspora yang rutin mengirimkan uang dari luar negeri ke keluarga atau kerabat yang tinggal di Indonesia. Sebab, e-Banking memiliki sebuah fitur tambahan yang menguntungkan, yaitu Electronic Rate (e-Rate) BCA. e-Rate BCA adalah kurs real time yang bisa didapatkan setiap kali Anda bertransaksi valas menggunakan media e-Banking BCA yang telah disebutkan di atas.

Fitur e-Rate BCA juga tersedia bagi setiap nasabah BCA, baik itu yang memiliki jenis tabungan Tahapan, Tahapan Xpresi, Tahapan Gold, Tapres, BCA Dollar atau Deposito. Saat ini, ada 14 mata uang asing yang tersedia untuk pengiriman valas ke bank lain menggunakan KlikBCA Bisnis, yaitu Dolar Amerika Serikat (USD), Dolar Singapura (SGD), Dolar Hong Kong (HKD), Franc Swiss (CHF), Poundsterling Inggris (GBP), Dolar Australia (AUD), Yen Jepang (JPY), Kroner Denmark (DKK), Dolar Kanada (CAD), Euro (EUR), Riyal Arab Saudi (SAR), Dolar Selandia Baru (NZD), Yuan China (CNY) dan Krona Swedia (SEK). Sementara diaspora pengguna KlikBCA Individu dapat mengirimkan valas dalam mata uang SGD dan USD ke sesama pemilik rekening BCA.

Nah, bila Anda sedang mencari informasi seputar kehidupan diaspora dan transaksi valas, berarti Anda harus datang ke acara Kompasiana Nangkring yang diselenggarakan oleh Kompasiana bersama BCA. Tema yang diangkat dalam Kompasiana Nangkring kali ini adalah “Cara Mudah Kirim Uang dari Luar Negeri”. Selain menghadirkan travel blogger dan penulis buku Flying Traveler Junanto Herdiawan dan pihak BCA sebagai pembicara, Kompasiana juga mengajak salah satu Kompasianer sekaligus diaspora untuk berbagi pengalaman menarik seputar bekerja di luar negeri dan tips bertransaksi valas melalui video call.

Untuk mengetahui detail acara dan cara pendaftaran, simak rincian di bawah ini.  

  • Acara: Kompasiana Nangkring Bersama BCA
  • Tema: Cara Mudah Kirim Uang dari Luar Negeri
  • Pembicara:
    • Junanto Herdiawan (penulis buku "Shocking Series" dan blogger diaspora)
    • BCA
  • Moderator: @iskandarjet (Asst Manager Kompasiana)
  • Hari/tanggal: Kamis, 3 Desember 2015
  • Waktu: 15.00 – 18.30 WIB (harap hadir 15 menit lebih awal untuk proses registrasi ulang)
  • Tempat: D’Consulate Lounge – Jl. K. H. Wahid Hasyim No. 49 - 51, Menteng, Jakarta
  • Kuota: 50 Kompasianer
  • Aktivitas:
    • Sharing & Diskusi
    • Live Tweet Competition
    • Hiburan Stand Up Comedy

Saat acara berlangsung, akan ada live tweet competition, dimana peserta ditantang untuk mengirimkan tweet berupa reportase acara Kompasiana Nangkring Bersama BCA dengan hashtag: #eRateBCA dan #NangkringBCA serta mention @GoodLifeBCA. Tweet yang paling menarik akan memenangkan hadiah seru.

Untuk mendaftarkan diri, segera kirimkan email ke kompasiana[at]kompasiana[dot]com dengan subyek “Daftar Nangkring BCA” dan sertakan data diri sebagai berikut:

  • Nama
  • URL akun Kompasiana
  • Alamat
  • Nomor telepon

Setelah acara Kompasiana Nangkring berlangsung, Kompasiana dan BCA juga akan mengadakan kompetisi Kompasiana Review berhadiah menarik. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar Kompasiana Review tersebut, nantikan pengumuman selanjutnya di Kompasiana.

Bila Anda ingin mencari tahu acara atau kompetisi Kompasiana lainnya yang sedang berlangsung, silakan klik di sini.

DAFTAR PESERTA:

  1. Uci Junaedi
  2. Muhammad Burniat
  3. Zaidi Habibilah R.
  4. Didik Purwanto
  5. Siti Maesaroh
  6. Topik Irawan
  7. Erwin
  8. Dennise Sihombing
  9. Rokhmah Nurhayati S.
  10. Yusep Hendarsyah
  11. Riap Windu
  12. Uli Hartati Panggabean
  13. Dita Soehardi
  14. Pensies Anggoro
  15. Tubagus Encep Qosasih
  16. Andri Mastiyanto
  17. Syafii Milardi
  18. Ign. Joko Dwiatmoko
  19. Setyaningrum
  20. E. Pratomo
  21. Yayat
  22. Amad Sudarsih
  23. Khairunisa Maslichul
  24. Dhevi Anggarakasih
  25. Ina Tanaya
  26. Agung Han
  27. Tina Purbo
  28. Anna R. Nawaning
  29. Syaiful W. Harahap
  30. William Giovanni
  31. Harris Maulana
  32. Ita
  33. Ahyar Rosyidi
  34. Sally Fauzi
  35. Christie Damayanti
  36. M. Firmansyah
  37. Astri Damayanti
  38. Haendy Busman
  39. Rushan Novaly
  40. Asih Setyaningrum
  41. Isson Khairul
  42. Rahab Ganendra
  43. Fawwaz Ibrahim
  44. Shita Rahutomo
  45. Andy
  46. Salim Rahmatullah
  47. Egi Sukma Baihaki
  48. Mercy Sihombing
  49. Saepul Solihin
  50. Muchlis Baedji

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x