Kompasiana
Kompasiana Official

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Blog Competition Artikel Utama

5 Pemenang Blog Review Palyja: Peran Mikroorganisme Alami dalam Pengolahan Air Bersih

10 Januari 2017   22:30 Diperbarui: 11 Januari 2017   11:40 149 0 0
5 Pemenang Blog Review Palyja: Peran Mikroorganisme Alami dalam Pengolahan Air Bersih
Dokumen KOMPASIANA

DKI Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia yang memiliki 13 aliran sungai mengalami defisit air bersih sebesar 9.100 liter per detik. Tingkat pencemaran sungai yang sangat tinggi menjadi alasan mengapa sungai di Jakarta tidak bisa dimanfaatkan dalam proses pengolahan air bersih. Dimana amonia, detergen dan mangan merupakan polutan terlarut yang mendominasi pencemaran sungai di Jakarta. Dalam ambang batas yang sesuai standar, ketiga polutan tersebut dapat dihilangkan dalam sistem pengolahan air bersih secara konvensional.

Tetapi dari tahun ke tahun, jumlah polutan tersebut semakin meningkat sehingga diperlukan teknologi khusus untuk mengeliminasi ketiganya. Tetapi siapa sangka ternyata teknologi yang digunakan untuk menghilangkan polutan amonia, deterjen dan mangan justru berupa mikroorganisme alami yang hidup di dalam air itu sendiri.

Setelah acara Kompasiana Visit bersama PALYJA yang telah diselenggarakan beberapa minggu lalu, maka kami telah membaca blog review dari seluruh Kompasianer. Berikut 5 Kompasianer yang beruntung terpilih sebagai 5 terbaik untuk Blog Review kali ini dan berhak mendapatkan hadiah voucher belanja masing-masing Rp 1.000.000 (Satu Juta Rupiah). Nama-nama pemenangnya sebagai berikut:

  1.  Strategi IPA Cilandak Mengatasi Keterbatasan Air Baku oleh Arum Sato
  2. Teknologi Mikroorganisme: Air Kotor Demi Air Bersih yang Kita Peroleh oleh Erni P
  3. Dari PALYJA dengan Air Bersih Berteknologi Bakteri Alami oleh Emanuel Pratomo
  4. Problematika Defisit Air Bersih di Kota Jakarta oleh Rifki Ilmayanto
  5. Mengurai Problem Air Bersih dengan Teknologi Mikroorganisme oleh Rushans Novaly

Selamat untuk seluruh pemenang, bagi yang terpilih, silakan kirim data diri Anda melalui form berikut ini, PEMENANG COMPETITION. Jangan lupa lampirkan data berikut melalui e-mail kompasiana[at]kompasiana[dot]com dengan subjek Pemenang Blog Review Visit PALYJA Cilandak.

  • Scan atau foto KTP
  • Scan atau foto buku rekening
  • Scan atau foto NPWP 

Sekali lagi, Kompasiana mengucapkan terima kasih banyak atas partisipasinya untuk seluruh Kompasianer yang ikut meramaikan event kali ini. Nantikan kegiatan menarik selanjutnya di Kompasiana dengan mengakses halaman EVENT Kompasiana, atau melalui akun resmi Kompasiana