Mohon tunggu...
Aat Atoillah
Aat Atoillah Mohon Tunggu... Guru - Tetaplah bersyukur

Orang Bojonegara-Puloampel yang semangat untuk menjadi penulis agar bisa berkarya dan bisa mengharumkan daerah kelahiran tercinta.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Dokumentasi dan Momen Terindah Disetiap Perjalan Hidup Kita

14 Februari 2022   11:41 Diperbarui: 14 Februari 2022   11:44 309 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
salah satu momen sederhana yang indah untuk dikenang (Dokpri)

Setiap pekerjaan hendaknya dibuat rencana dan sebuah rencana hendaknya cepat dilakukan. Karena sebaik-baiknya rencana adalah yang dikerjakan. Sebuah agenda besar dimulai dari mimpi kecil dan setiap keberhasilan yang besar dimulai dari langkah demi langkah.

Begitu pula kita hendaknya menulis apa yang akan kita kerjakan dan kerjakan apa yang telah kita tulis. Dan ternyata bukan hanya itu, kita perlu menulis apa saja yang telah kita kerjakan. Dalam hal ini saya ingin menjelaskan apa pentingnya sebuah dokumentasi. Menurut KBBI, definisi dokumentasi adalah proses pengumpulan, pemilihan, pengolahan, dan penyimpanan informasi di bidang pengetahuan; pemberian atau pengumpulan bukti dari keterangan seperti gambar, kutipan, guntingan koran, dan bahan referensi lain. Dokumentasi adalah sebuah kegiatan mengarsipkan atau menyimpan data, gambar, file dan semacamnya. 

Lalu apa gunanya semua itu. Mungkin untuk perusahaan besar amatlah penting baik untuk profil maupun sebuah laporan perencanaan dan pencapaian. Begitu pula sebuah organisasi misalnya. Meski tak dipungkiri sebuah dokumentasi bukan hanya berfoto, berselfy riya namun lebih dari itu. Dokumentasi khususnya foto merupakan hal penting, diantaranya sebagai bukti bahwa disuatu hari yang lalu kita pernah berbuat atau melakukan sesuatu baik kegiatan organisasi maupun pribadi semua itu akan memberikan kesan dan pengingat yang akan memberikan rasa senang dan kepuasan batin, Apalagi kegiatan-kegiatan saat kita disekolah, dikampus, ditempat kerja atau tempat-tempat yang pernah kita kunjungi.

Dokumentasi bukan hanya kegiatan memenuhi memori, melainkan sebuah momen agar tetap mengenang masa-masa yang pernah dilewati baik suka maupun duka. Banyak kisah yang telah mati namun tetap hidup didalam hati. Dokumentasi adalah sebuah cara untuk tetap menghidupkan sejarah baik sejarah organisasi maupun pribadi.

Dokumentasi bukan hanya digunakan untuk kepentingan saat ini, melainkan untuk dimasa yang akan datang. Misalnya bagaiaman saat kita aktif diorganisasi atau eskul tertentu di Sekolah Dasar sampai perguruan tinggi. Tentu kalau kita temukan foto atau dokumen lainnya pasti kita merasa bahagia. Melihat masa-masa dulu waktu bocil.

Dokumentasi juga memaknai seni fotografi saat mengambil momen-momen tertentu disetiap kegiatan. Dengan demikian kita bisa menilai dan mengoreksi bahkan memuji karya kita sendiri yang bagus meski entah menurut penilain orang lain seperti apa. Tetapi disinilah kita memiliki sebuah karya. Karya untuk kita nikmati dimasa tua nanti. Yang bisa diceritakan ditempat duduk sambil ngopi bersama anak cucu nanti.

Betapa indahnya bercenda gurau bersama teman-teman organisasi, teman sekolah, teman kerja dan teman keluarga bila kita memiliki foto-foto yang menggambarkan keakraban dan kebersamaan. Oh itu sangat dirindukan pasti setelah beberapa waktu tak berjumpa tiba-tiba menemukan buku atau album foto semua kenangan yang berlalu.

Semoga kita tidak lupa untuk mengabadikan setiap momen baik disekolah, didalam dan diluar rumah, ditempat kerja, ditempat setiap yang kita kunjungi dan tempat lainnya. Seperti Foto diatas yang diambil beberapa tahun lalu sekitar 4 Mei 2019 foto tersebut merupakan anggota pramuka SMKN1 Puloampel yang sedang berkunjung dipantai terdekat sekolah. Diambil saat senja tiba. Terlihat indah meskipun tempat yang sederhana. Karena keindahan dan kebahagian bukan masalah tempat maupun suasana tetapi kitalah yang menciptakan untuk bahagia dan indah dengan kreativitas dan rasa syukur yang senantiasa harus kita curahkan kepada segala pemberi rizeki dan karunia dari Allah SWT.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan