Mohon tunggu...
Aat Atoillah
Aat Atoillah Mohon Tunggu... Guru - Tetaplah bersyukur

Orang Bojonegara-Puloampel yang semangat untuk menjadi penulis agar bisa berkarya dan bisa mengharumkan daerah kelahiran tercinta.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mengapa Kita Harus Terus Belajar

27 Januari 2022   10:33 Diperbarui: 27 Januari 2022   10:37 96 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
b-buildingbusiness.com

Terkadang kita tidak perlu bercerita tentang kesusahan dan penderitaan yang kita alami seperti sama halnya kita tak perlu menceritakan kegagalan kegagalan yang pernah kita alami, karena kegagalan itu lebih banyak sekali daripada kesuksesan itu sendiri.

Beberapa saat melihat kesuksesan atau keberhasilan seseorang sepertinya sangat singkat dia meraihnya, padahal tak ada kesuksesan tanpa jalan yang panjang dan melewati banyak sekali dari kegagalan demi kegagalan. Maka ada pepatah mengatakan proses lebih berharga daripada kesuksesan itu sendiri. semisal si manusia cerdaspun pernah gagal. 

Albert Einstein terkenal dengan sebutan si jenius, si cerdas, dan si pintar. Di balik julukan itu, tahukah teman-teman? Ternyata Einstein pernah gagal ujian! Saat berusia 16 tahun, Einstein mengikuti ujian masuk perguruan tinggi, tapi ia gagal. Ujian itu menggunakan bahasa Perancis, sedangkan Einstein belum menguasai bahasa Perancis.

Orang terkaya kedua diduniapun pernah mengalami kegagalan. yakni seorang Bill Gates yang terkenal degan produknya bernama microsoft, sebelumnya pernah membuat produk bersama dua temannya yakni Traf-O-Data yang berfungsi untuk memproses data. tetapi saat mempresentasikan pada perusahaan seattle country malah mesin itu mengalami kerusakan.  

Maka dari itu mereka yang sukses mustahil tidak mengalami kegagalan. akan tetapi mereka terus belajar dari kegagalannya, dan tidak mudah menyerah sampaih meraih kesuksesan. sebagaimana Mery Riana Motivator indonesia mengatakan "Setiap fase yang kamu jalani harus bisa mendatangkan pelajaran untuk naik ke fase berikutnya."

Seseorang yang tak pernah melewati lelahnya perjalanan untuk mencapai puncak tak akan pernah merasakan indahnya diatas puncak dan bila mana saat meraih sukses tanpa adanya usaha atau kerja keras. Kita sering kecewa dan kelelahan karena terlalu fokus pada tujuan dan lupa menikmati proses.

Demikian juga dalam hidup. Banyak orang yang mengejar kebahagiaan di akhirat (yang memang adalah tujuan kita), tapi lupa untuk bahagia di dunia. Kehidupan di dunia diisi dengan ketakutan akan orang dari kelompok lain, kemarahan kepada yang tidak sepaham, selalu merasa gagal menjadi orang paling suci.

Jangan kau kira setiap keindahan atau kemilauan seseorang terlihat dari apa yang dia posting dimedsos atau media lainnya, bahkan pakaian apa yang ia kenakan. Kadang sesorang menulis dalam storynya bahwa hidup tak sesuai ekspektasi. Atau kenyataan tak sesuai rencana.

kadang kala ada satu hal yang banyak orang tak mengerti bahwa ada hal-hal yang harus kita terima dalam keadaan untuk iklas menerima segala hal yang menimpa kita. karena semua itu merpakan ujian. dan ujian akan selalu ada sejak kita lahir sampai akhir hayat. karena gelombang hidup itu pasti akan naik turun seperti  Elektrokardiogram atau EKG dan ketika gelombangnya datar artinya sudah tak ada tanda-tanda kehidupan.

Begitulah sekelumit rangkaian perjalanan hidup. susah senang gagal dan sukses akan terus bergulir. Maka jangan khwatir kau tak dikenal, jika kau telah bersungguh sungguh untuk terus belajar, ambil hikmahnya dan tak lupa bekerja keras (bertindak) mengejar semua mimpi mimpimu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan