Mohon tunggu...
Kompas.com
Kompas.com Mohon Tunggu... Kompas.com

Kompas.com merupakan situs berita Indonesia terlengkap menyajikan berita politik, ekonomi, tekno, otomotif dan bola secara berimbang, akurat dan terpercaya.

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

5 Penyakit Endemik di Indonesia, dari Malaria, DBD, hingga TBC

2 Maret 2021   10:01 Diperbarui: 2 Maret 2021   10:02 87 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Penyakit Endemik di Indonesia, dari Malaria, DBD, hingga TBC
Ilustrasi nyamuk sedang mengisap darah manusia

KOMPAS.com - Virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19 masih menjadi pandemi global sejak diputuskan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 11 Maret 2020. 

Namun pejabat WHO menyebut, di masa depan Covid-19 bisa jadi akan menjadi penyakit endemik

Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dr. Michael Ryan, mengatakan, Covid-19 kemungkinan tidak akan pernah sepenuhnya hilang.

Hal itu disampaikannya saat konferensi pers virtual WHO, pada Rabu (24/2/2021).

"Penting untuk menjelaskan hal ini. Virus ini mungkin hanya menjadi virus endemik lain di komunitas kita, dan virus ini mungkin tidak akan pernah hilang," kata Ryan.

Baca juga: WHO Sebut Covid-19 Bisa Jadi Penyakit Endemik, Ini Bedanya dengan Epidemi, dan Pandemi

Endemik merupakan penyakit yang berjangkit di suatu daerah atau pada suatu golongan masyarakat.

Adapun keadaan atau kemunculan penyakit konstan atau penyakit biasa ada di dalam suatu populasi atau area geografis tertentu.

Penyakit endemik Indonesia

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmidzi menjelaskan, saat ini masih terdapat beberapa penyakit endemik di Indonesia.

"Penyakit endemik ya seperti penyakit malaria, DBD (Demam Berdarah Dengue), TBC, jadi penyakit yang kasusnyaa masih tinggi ya," kata Nadia melalui WhatsApp, Senin (1/3/2021).

Selain penyakit tersebut, masih ada beberapa lainnya seperti diare, chikungunya, dan JE (Japanese Encephalitis) atau radang otak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN