Kompas.com
Kompas.com

Kompas.com merupakan situs berita Indonesia terlengkap menyajikan berita politik, ekonomi, tekno, otomotif dan bola secara berimbang, akurat dan terpercaya.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Timnas Indonesia Menang 2-0 atas Myanmar

25 Maret 2019   20:45 Diperbarui: 25 Maret 2019   21:16 61 1 0
Timnas Indonesia Menang 2-0 atas Myanmar
Gelandang tim nasional Indonesia, Ruben Sanadi, saat berduel dengan pemain Myanmar, Yan Naing Oo, pada laga persahabatandi Stadion Mandala Thiri, Mandalay, Myanmar, Senin (25/3/2019).

MANDALAY, KOMPAS.com - Tim nasional senior Indonesia berhasil memetik kemenangan 2-0 atas tuan rumah Myanmar pada laga uji coba yang berlangsung di Stadion Mandala Thiri, Mandalay, Myanmar, Senin (25/3/2019).

Dua gol kemenangan skuat Garuda diciptakan Greg Nwokolo saat laga memasuki menit ke-41, serta eksekusi penalti Ilija Spasojevic pada menit ke-84.

Pertandingan ini juga menjadi uji coba resmi FIFA pertama bagi Indonesia di bawah asuhan pelatih Simon McMenemy.

Jalannya pertandingan

Permainan Indonesia pada babak pertama terlihat menarik dan menjanjikan. Dengan pola 3-4-3, mereka mengandalkan kecepatan untuk menciptakan sejumlah peluang.

Indonesia punya peluang emas pada menit ke-20 melalui Stefano Lilipaly. Pemain Bali United itu sukses melewati seorang bek Myanmar dan berada dalam posisi cukup leluasa untuk menceploskan bola ke gawang.

Baca juga: Indonesia Vs Brunei, Indra Sjafri Pasti Lakukan Rotasi Besar di Timnas U-23

Akan tetapi, tembakan Lilipaly ternyata masih bisa diblok secara heroik dengan sundulan seorang bek Myanmar.

Enam menit berselang, kans mencetak gol kembali diciptakan kubu Indonesia lewat aksi Riko Simanjuntak. Namun, tembakan Riko masih menyamping tipis dari gawang Myanmar.

Skuat Garuda masih tampil cukup ofensif. Mereka kembali memiliki peluang lewat Lilipaly pada menit ke-28, setelah dia menerima umpan terobosan.

Tetapi, lagi-lagi tendangan Lilipaly dihalau. Kali ini digagalkan kiper Myanmar, Kyaw Zin Phyo.

Indonesia baru bisa mencetak gol pada menit ke-41 lewat sepakan Greg Nwokolo. Penyerang naturalisasi dari klub Madura United itu terlebih dulu mengecoh bek lawan sebelum mencetak gol ke gawang Myanmar.

Jelang berakhirnya babak pertama, Myanmar mendapatkan hadiah penalti setelah bek Indonesia, Manahati Lestusen, melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Akan tetapi, pemain Myanmar yang ditunjuk sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya. Tendangannya sukses ditepis oleh kiper Andritany Ardhiyasa. Kedudukan 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga turun minum.

Memasuki awal babak kedua, pelatih Simon McMenemy melakukan empat pergantian.

Greg Nwokolo, Lilipaly, Hansamu Yama, dan Ruben Sanadi digantikan oleh Ilija Spasojevic, Muhammad Rahmat Syamsuddin, Novri Setiawan, dan Ricky Fajrin.

Myanmar selaku tuan rumah perlahan mencoba memberikan perlawanan. Mereka beberapa kali memeragakan permainan keras terhadap para pemain Indonesia.

Baca juga: Joko Driyono Ditahan, Organisasi PSSI Tetap Berjalan

Hasilnya, pada menit ke-83, Indonesia mendapatkan tendangan penalti dari wasit setelah Novri Setiawan dijatuhkan di kotak terlarang.

Spasojevic yang dipilih sebagai algojo sukses menceploskan bola dengan tenang ke sisi kanan gawang Myanmar. Indonesia unggul 2-0.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2