Mohon tunggu...
Kompas.com
Kompas.com Mohon Tunggu...

Kompas.com merupakan situs berita Indonesia terlengkap menyajikan berita politik, ekonomi, tekno, otomotif dan bola secara berimbang, akurat dan terpercaya.

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Jadi Traveler "Zero-Waste", Youtuber Ini Raup 300.000 Dollar AS Setahun

25 Maret 2019   11:30 Diperbarui: 25 Maret 2019   11:37 0 0 0 Mohon Tunggu...
Jadi Traveler "Zero-Waste", Youtuber Ini Raup 300.000 Dollar AS Setahun
Ilustrasi dollar AS

KOMPAS.com - Persoalan lingkungan hidup belakangan menjadi sebuah tren, di samping sebuah kewajiban manusia untuk menjaga alamnya. Kepedulian akan keberlangsungan ekosistem kini tak hanya ditunjukkan aktivis lingkungan hidup, tapi juga merambah ke profesi lainnya.

Berlatar belakang dunia fashion, Youtuber asal Australia Sorelle Amore mengkampanyekan gaya hidup bebas plastik selama perjalanannya keliling dunia.

Amore memiliki ratusan ribu penggemar di berbagai platform media sosial. Dengan itu, ia membangun sebuah "kerajaan" dan melakukan perjalanan keliling dunia sekaligus mempengaruhi pengikutnya melakukan gaya hidup "zero-waste".

Dengan menggunakan keterampilan fotografinya, ia merekam video di lokasi terpencil, menganjurkan gaya hidup minimalis dan tanpa limbah sampah.

Baca juga: Dari Mana Asal Duit Para Youtuber?

Sebagaimana dikutip dari Forbes, tahun lalu, Amore menghasilkan lebih dari 300.000 dollar AS. Sebanyak 5 persen di antaranya dia peroleh dari Youtube. Sementara sisanya, 60 persen dari usaha bisnis fashionnya dan 35 persen dari sponsor atau endorse. Tak dipungkiri, menjadi Youtuber juga membuat label fashionnya laris manis.

Sebelum menyelami bisnis di Youtube, Amore sempat bekerja di bidang pemasaran, meluncurkan bisnis fashion online-nya sendiri, bahkan bekerja di agensi fotografi kelas atas. Namun, ia merasa pekerjaan tersebut kurang sesuai hatinya hingga akhirnya memutuskan pindah ke Islandia untuk memulai karir di YouTube.

Perjalanan menjadi influencer

Di Islandia, Amore berjuang untuk memenuhi kebutuhan di negara yang mahal itu. Ia kemudian mencoba kontes bertajuk "Pekerjaan Terbaik di Planet" ThirdHome. Ia langsung mengirim pengajuan di hari terakhir pendaftaran. Tak disangka, ia memenangkan kontes itu dan mengalahkan 17.000 influencer lainnya.

Amore diberi pekerjaan untuk melakukan perjalanan keliling dunia selama tiga bulan, membuat video, dan memotret rumah-rumah mewah di 12 negara. Pekerjaan tersebut memberinya 10.000 dollar AS perbulan, jauh dari apa yang telah diperoleh Youtuber milenial sebelumnya.

Pada akhirnya, Amore ingin sesuatu yang berbeda sebagai fokus baru konten Youtubenya.

"Saya tidak ingin menjadi seperti, 'Saya suka toko roti ini, lihat toko roti ini'," kata Amore.

Maka ia memutuskan untuk fokus pada tutorial kamera dan fotografi dan membangun image dari foto-foto selfienya. Tak hanya itu, ia jiga membagikan tips seperti cara berpakaian untuk tipe tubuh atau bagaimana membuat feed Instagram yang menarik secara visual.

Konten tersebut ternyata menjadi magnet bagi warganet dan dalam waktu singkat ia mendapat 300.000 subscriber dalam waktu 3 bulan.

Baca juga: Sempet Mengamen, Sendi Kini Jadi Bos Kosmetik Beromzet Miliaran Rupiah

Gaya hidup bebas plastik

Memang sulit bagi sebagian orang untuk menghindari sampah plastik. Untuk memulainya, perlu ada niat yang kuat untuk menghindari pemakaian plastik dari minimarket, kemasan plastik camilan, dan penggunaan sedotan plastik.

Mulanya, Amore terbiasa menjalani gaya hidup minimalis selama bepergian ke seluruh dunia untuk program ThirdHome. Setelah mengadopsi minimalis, Amore juga tertarik pada gaya hidup bebas plastik.

Doa lantas membuat video tentang subjek tersebut dan berbagi dengan para pengikutnya bagaimana perjuangannya sehari-hari untuk tidak menggunakan plastik.

Amore kebanyakan menggunakan gelas atau wadah yang dapat digunakan kembali untuk membeli makanan, seperti daging atau kacang. Tapi sangat sulit untuk menemukan buah beri yang tidak dikemas dalam kantong plastik.

Jadi Youtuber harus fokus

Jika tertarik mendapat penghasilan dari Youtube, Amore menekankan bahwa seseorang harus fokus pada celah yang ada dan berpikir apa yang bisa ditawarkan ke pengikut.

"Kami berada dalam masa yang sangat aneh di mana kepribadian adalah raja di YouTube," kata Amore. "Kamu tidak harus memiliki bakat kepribadian yang adil."

Seiring banyaknya orang yang menggunakan Youtube sebagai penghasilan tambahan membuat persaingan influencer semakin ketat. Namun, kunci sukses untuk mempertahankan eksistensi menurut Amore adalah konsistensi.

Selama menjalani program bersama ThirdHome dalam tiga bulan, Dia diminta merekam video perjalanan di siang hari, mengedit di malam hari, dan mengambil foto rumah-rumah di mana ia tinggal. Meskipun itu pekerjaan keras yang melelahkan, Amore mengatakan bahwa disiplin adalah hal yang membantunya tumbuh sebagai pencipta konten.

"Ini tentang mengambil kamera setiap hari dan membuat sesuatu. Anda bisa melakukan itu selama 18 bulan terus sampai Anda merasa siap," kata Amore.

Meskipun Amore tidak menemukan kesulitan untuk menembus YouTube, namun pendapatan dari Youtube tak selalu bisa diandalkan menjadi pendapatan utama setiap bulan.

Amore menyarankan untuk terlebih dahulu membangun finansial dengan bisnis sendiri atau pekerjaan tetap, sehingga nilai Anda tidak ditentukan oleh YouTube atau merek yang Anda endorse. Dari 300.000 dollar AS pendapatannya tahun lalu, hanya 5 persennya yang berasal dari Youtube.

"Saya sangat pilih-pilih ke mana saya akan ikut (untuk endorse) dan dapat mengenakan tarif lebih tinggi," kata Amore.

Baca juga: Beri Nama Bayi, Gadis 19 Tahun Ini Raup Miliaran Rupiah









KONTEN MENARIK LAINNYA
x