Kompas.com
Kompas.com

Kompas.com merupakan situs berita Indonesia terlengkap menyajikan berita politik, ekonomi, tekno, otomotif dan bola secara berimbang, akurat dan terpercaya.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

"Alhamdulillah", Surabaya-Solo 4 Jam, Biasanya 6-7 Jam

12 Juni 2018   15:35 Diperbarui: 12 Juni 2018   15:34 235 0 0
"Alhamdulillah", Surabaya-Solo 4 Jam, Biasanya 6-7 Jam
Kendaraan melintas di Gerbang Tol Warugunung, Jawa Timur, Selasa (5/6/2018). Tol Surabaya-Mojokerto termasuk dalam jaringan Tol Trans-Jawa dan sudah dapat dilintasi para pemudik.

Para pemudik mengaku perjalanan ke kampung halaman pada mudik Lebaran 2018 ditempuh dengan waktu yang lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya.

Salah satunya yang dialami pemudik dari Surabaya, Nadia Makhya, yang akan mudik ke Yogyakarta, Selasa (12/06/2018).

Ia mengaku, perjalanan dari Surabaya ke Solo ditempuh dalam waktu sekitar 4 jam. 

“Alhamdulillah lancar, Surabaya–Solo 4 jam, biasanya 6 -7 jam. Lumayan hemat 3 jam,” kata Makhya, kepada Kompas.com, Selasa siang.

Baca juga: INFOGRAFIK: Tips untuk Pemudik Sepeda Motor yang Melintasi Pantura

Makhya, yang melakukan perjalanan dengan mobil pribadi, melewati jalur tol Mojokerto-Kertosono dan keluar di Solo.

Sebelumnya, perjalanan Surabaya-Solo melalui jalur non-tol memakan waktu hingga 7 jam. 

Menurut Makhya, kemacetan justru terjadi setelah keluar dari jalur tol saat perjalanan menuju Yogyakarta.

“Di tol itu, bus sama truk enggak boleh masuk. Jadi lancar isinya cuma mobil pribadi. Tapi dari Solo ke Jogja justru macet karena sudah keluar tol,” ujar Makhya.

Baca juga: INFOGRAFIK: Daftar Rest Area di Ruas Tol Jakarta-Semarang

Sebelumnya, seorang pemudik Djoko Saputro melalui akun Facebook-nya, menyebutkan, mudik tahun ini menjadi yang tercepat dibanding tahun-tahun sebelumya.

Alhamdulillah, perjalanan mudik kali ini mungkin yang tercepat hanya 8 jam dari Cikarang ke Delanggu, Klaten. Dipotong 2x pitstop, jadi hanya sekitar 6 jam an perjalanan,” tulis Joko.

Lancarnya perjalanan mudik tahun ini diperkirakan karena jalur tol Trans Jawa yang hampir selesai digarap dan sudah dibuka secara fungsional.

Menurut Djoko, trase tol yang dilintasinya tanpa putus kendati  beberapa tol tersebut masih dalam status fungsional, seperti ruas Pemalang-Batang, Batang-Semarang, dan Salatiga-Kartasura.

Baca juga: Rekor Baru Mudik, Cikarang-Delanggu 6 Jam! Biasanya 16 Jam

Djoko yang bekerja di PT Air Products Indonesia berkisah, dia memulai perjalanan pada pukul 09.00 WIB pagi. Sampai di Delanggu pada pukul 17.00 WIB petang.


Sementara itu, melalui akun Twitter Divisi Humas Polri, @DivHumas_Polri, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, mengatakan, mudik tahun ini relatif lebih lancar dan aman.

Titik-titik rawan kemacetan mendapatkan tambahan personel untuk mengatur lalu lintas.