Kompas.com
Kompas.com

Kompas.com merupakan situs berita Indonesia terlengkap menyajikan berita politik, ekonomi, tekno, otomotif dan bola secara berimbang, akurat dan terpercaya.

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Ini Instruksi Kapolri Antisipasi 4 Titik Kemacetan di Jateng

10 Juni 2018   22:45 Diperbarui: 10 Juni 2018   22:56 639 1 0
Ini Instruksi Kapolri Antisipasi 4 Titik Kemacetan di Jateng
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (tengah) memberi keterangan pada wartawan usai meninjau rutan cabang Salemba Mako Brimob Kelapa Dua pasca kerusuhan di Depok, Jawa Barat, Kamis (10/5/2018).

TEGAL, KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan, ada empat titik kemacetan yang akan menjadi prioritas pengamanan di wilayah Jawa Tengah, pada arus mudik Lebaran 2018.

"Empat titik itu, yaitu Gate Tol Kertasari, Jembatan Kali Kuto, titik keluar di Krapyak, dan Kali Salatiga," kata Kapolri usai mendengar paparan Kapolda Jateng Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono di Kertasari, Kabupaten Tegal, Minggu (10/6/2018), seperti dikutip Antara.

Kapolri menambahkan, pada empat titik itu harus ada pos terpadu karena akan rawan kemacetan yang cukup panjang.

"Di situ harus ada pos kesehatannya, minyak (BBM), toilet, dan tempat makan. Upayakan empat fasilitas ini ada di empat posko itu," ujarnya.

Kapolri mengemukakan hadirnya pemerintah di sini untuk mempermudah masyarakat dalam perjalanan arus mudik seperti halnya mendiskresikan apabila ada kemacetan hingga 3 Km di Gate Tol Kertasari.

"Di sinilah pentingnya hadirnya pemerintah guna memberikan kemudahan, posko juga saya minta pada empat titik macet di Jateng ada posko bersama yang di dalamnya ada kekuatan TNI, Polri, pos kesehatan, dan Basarnas," jelasnya.

Hingga pada H-5 Lebaran 2018, Kapolri menyebutkan, angka kecelakaan lalu lintas turun hingga 35 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Khusus di jalan tol belum ada kecelakaan, apa lagi meninggal dunia. Yang jelas, semua umumnya berjalan lancar dibanding tahun sebelumnya," katanya.

Ikut hadir pada kunjungan kerja ke posko mudik terpadu Kertasari, Jawa Tengah, antara lain, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Basarnas M. Syaugi, Menko PMK Puan Maharani, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, dan Kementerian Kesehatan.