Kompas.com
Kompas.com

Kompas.com merupakan situs berita Indonesia terlengkap menyajikan berita politik, ekonomi, tekno, otomotif dan bola secara berimbang, akurat dan terpercaya.

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Kemenhub: Contra Flow Akan Diberlakukan di Tol Cipali Siang Ini

10 Juni 2018   12:45 Diperbarui: 10 Juni 2018   12:51 601 1 0
Kemenhub: Contra Flow Akan Diberlakukan di Tol Cipali Siang Ini
Gerbang Tol Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan pemudik yang melintasi Tol Cipali terus meningkat pada H-5 Lebaran 2018 atau Minggu (10/6/2018). Rencananya, di ruas tol tersebut akan diberlakukan sistem contra flow untuk mengantisipasi kemacetan.

"Kalau fenomenanya sendiri kita lihat memang kepadatannya meningkat dan pagi ini juga semakin meningkat. Mungkin di Tol Cipali kalau kondisinya memungkinkan kami akan buat contra flow ke arah timur, siang ini," ujar Sekjen Kemenhub, Sugihardjo di Posko Arus Mudik di Gedung Kemenhub, Minggu.

Sugihardjo belum merinci contra flow tersebut akan dilakukan di kilometer berapa. Menurut dia, sistem tersebut akan diberlakukan sesuai kondisi yang terjadi di lapangan.

"Nanti kita lihat kebutuhannya, sekarang lagi persiapan (contra flow)," kata Sugihardjo.

Baca juga: Mudik 2018, Menhub Sebut Tol Cipali Masih Jadi Titik Rawan Kecelakaan

Sugihardjo menuturkan, peningkatan jumlah pemudik yang menggunakan jalan tol mulai terjadi sejak Sabtu (9/5/2018).

"Sampai dengan kemarin itu kami melihat bahwa memang sesuai prediksi, terjadi peningkatan arus mudik yang melalui tol Cikampek, terus ke arah Jawa Tengah, demikian juga ke Merak dan juga ke selatan ke arah Bogor," ucap dia.