Kompas.com
Kompas.com

Kompas.com merupakan situs berita Indonesia terlengkap menyajikan berita politik, ekonomi, tekno, otomotif dan bola secara berimbang, akurat dan terpercaya.

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Pilot AU Jatuhkan Pesawat di Lahan Kosong Agar Tak Menghatam Desa

7 Juni 2018   14:20 Diperbarui: 7 Juni 2018   14:31 289 0 1
Pilot AU Jatuhkan Pesawat di Lahan Kosong Agar Tak Menghatam Desa
Perwira AU India, Komodor Sanjay Chauhan.

NEW DELHI, KOMPAS.com - Tagar #HeroesInUniform belakangan menjadi populer di kalangan pengguna Twitter di India. Tagar ini muncul untuk memperingati keberanian pilot AU India Komodor Sanjay Chauhan.

Kisah sang perwira berawal saat dia lepas landas dari Pangkalan AU Jamnagar, Gujarat untuk menjalankan misi rutin, Selasa (5/6/2018).

Namun, sekitar pukul 10.30, pesawat tempur Jaguar yang dikemudikannya jatuh di sebuah lahan kosong di distrik Kutch, Gujarat.

Ternyata jatuhnya pesawat yang menewaskan Sanjay Chauhan tersebut bukan sekadar sebuah kecelakaan.

Baca juga: Pilot Angkatan Udara AS Berkurang Sebanyak 2.000 Orang

Para kolega Sanjay Chauhan di angkatan darat dan angkatan udara India kemudian menjelaskan kejadian sesungguhnya.

"Ini yang saya sebut sebagai seorang pahlawan sejati! Komodor Sanjay Chauhan gugur dalam kecelakaan," kata Mayor Surendra Poonia, seorang veteras pasukan khusus, lewat akun Twitter-nya.

Menurut Surendra, Sanjay sengaja tidak melontarkan diri dari kokpit kareta jet tersebut saat itu berada tepat di atas sebuah desa.

Jika pesawat itu jatuh ke desa tersebut maka banyak orang kemungkinan besar akan menjadi korban.

"Jadi dia memilih menjatuhkan pesawatnya di tempat lain! Hormat kami untukmu yang melayani Ibu Pertiwi tanpa pamrih," tambah Surendra.

Hal serupa disampaikan seorang pensiunan angkatan udara, Arun Bajpai juga lewat akun Twitter-nya.

"Sanjay Chauhan bisa saja melompat dan selamat. Dia tak melakukan itu karena saat itu dia terbang di atas kawasan padat penduduk, banyak warga sipil bisa menjadi korban. Dia mencoba mengarahkan pesawat ke tempat lain. Keberanian luar biasa, hormat untuk dia," kata Bajpai.

Warga desa Beraja kemudian menemukan puing-puing pesawat tersebut dan menghubungi pemerintah setempat.

Beberapa saat setelah kecelakaan itu, juru bicara Kementerian Pertahanan  India Letkol Manish Ojha memberikan pernyataan.

"Hari ini (Selasa) pagi sebuah pesawat Jaguar yang sedang melakukan misi rutin dari Jamnagar jatuh pada pukul 10.30. Pilotnya AOC Sanjay Chauhan gugur akibat luka-lukanya," kata Ojha.

Militer India segera memerintahkan investigasi atas peristiwa tersebut. Di New Delhi Menhan Nirmala Sitharaman bahkan memulai sebuah jumpa pers dengan mengheningkan cipta untuk Sanjay Chauhan.

Menteri utama negara bagian Gujarat, Vijay Rupani juga tak ketinggalan memberikan ucapan belasungkawa lewat akun Twitter-nya.

Jet tempur SEPECAT Jaguar adalah sebuah pesawat tempur  buatan Inggris-Perancis yang pernah digunakan AU Inggris dan Perancis.

Jet ini dikembangkan pada awal 1960-an sebagai pesawat latih dengan kemampuan serangan darat ringan sebelum ditingkatkandengan kemampuan suspersonik.

Baca juga: Terlibat Serangan Udara di Yaman, Para Pilot AU Saudi Dihadiahi Mobil Mewah

Jaguar kemudian digunakan AU India, Oman, Ekuador, dan Nigeria. Pesawat itu juga pernah bertugas di berbagai operasi militer di Mauritania, Chad, Irak, Bosnia, dan Pakistan.

AU Inggris dan Perancis berhenti menggunakan pesawat ini pada 2005 dan 2007 lalu menggantnya dengan Panavia Tornado dan Eurofighter Typhoon serta Dassault Rafale.