Mohon tunggu...
Kompas.com
Kompas.com Mohon Tunggu...

Kompas.com merupakan situs berita Indonesia terlengkap menyajikan berita politik, ekonomi, tekno, otomotif dan bola secara berimbang, akurat dan terpercaya.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Anies: Pabrik di Cakung Akan Diinspeksi Terkait Aturan Drainase "Zero Run Off"

16 Februari 2018   22:57 Diperbarui: 16 Februari 2018   23:03 367 0 0 Mohon Tunggu...
Anies: Pabrik di Cakung Akan Diinspeksi Terkait Aturan Drainase "Zero Run Off"
Banjir sudah surut di kawasan Cakung Timur, Jakarta Timur, Jumat (16/2/2018).


JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan akan melakukan inspeksi terhadap sejumlah pabrik yang ada di sekitar Kampung Rawa Teratai, Cakung, Jakarta Timur.

Inspeksi itu dilakukan untuk melihat apakah pabrik yang ada di sekitar kawasan tersebut telah menerapkan sistem drainase zero run off atau memiliki sistem tampungan air tanpa mengalirkan air ke luar kawasan.

Hal itu dilakukan atas dugaan beberapa pabrik di kawasan itu tidak menggunakan zero run off yang mengakibatkan sebuah kampung bernama Kampung Rawa Teratai di Cakung kerap tergenang banjir.

"Di tempat itu ada pabrik dan kami akan langsung inspeksi apakah mereka menaati prinsip zero run off atau harusnya air hujan turun ke lahannya tidak dialirkan ke luar karena kampung-kampung di sekitarnya mengalami kebanjiran," ujar Anies di Jakarta Barat, Jumat (16/2/2018).

Baca juga: Di Cakung, Anies Terkejut Lihat Dinding Pengukur Ketinggian Air

 Anies mengatakan, setiap pabrik telah diwajibkan untuk menerapkan sistem drainase tersebut. Anies meyakinkan bahwa sanksi akan diberikan sesuai aturan bila masih ada pabrik yang belum menerapkan sistem drainase tersebut.

"Semua pabrik aturannya harus ada zero run off. Kami akan inspeksi apakah mereka sudah menerapkan itu atau tidak," ujar Anies.

 Saat mendatangi Kampung Rawa Teratai, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (15/2/2018). Anies terkejut melihat sebuah dinding yang dicat mirip mistar pengukur ketinggian air yang biasa ditemui di pintu air.

Warga mengatakan, permukiman tersebut telah terbiasa terdampak banjir ketika musim hujan tiba.

Baca juga: Gubernur Anies Tinjau Banjir di Cakung


 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x