Kompak Tawwa
Kompak Tawwa

Kompak Tawwa merupakan sebuah komunitas yang dibuat khusus untuk Kompasianer Makassar dan sekitarnya.

Selanjutnya

Tutup

Hijau

Yuk, Sambut Hari Bumi Bersama Kompak Tawwa di Rumah Hijau Denassa

18 April 2017   11:09 Diperbarui: 21 April 2017   03:19 216 1 1
Yuk, Sambut Hari Bumi Bersama Kompak Tawwa di Rumah Hijau Denassa
Program Outing Class Rumah Hijau Denassa (Sumber Foto : Denassa)

Tahukah kamu bahwa bulan April tahun bisa dibilang menjadi bulan yang paling istimewa? Bulan yang bisa jadi paling banyak di sukai oleh semua orang, terlebih lagi bagi yang bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS), pekerja kantoran hingga anak sekolahan.

Mau tahu kenapa? Yups, karena bulan April tahun ini lebih banyak liburannya dan menariknya lagi berdekatan dengan akhir pekan, baik itu sebelum dan sesudah akhir pekan. Pertama bertepatan dengan peringatan wafatnya Isa Almasih yang jatuh pada tanggal 14 April kemarin, kemudian dua hari setelahnya ada peringatan Hari Paskah yang jatuh pada tanggal 16 April. Selanjutnya seminggu kemudian akan ada peringatan Isra Mi’raj yang jatuh pada hari Senin tanggal 24 April dan minggu depannya lagi bakal memperingati Hari Buruh Internasional/Pekerja.

Dengan adanya liburan tersebut menjadikan libur akhir pekan jadi lebih panjang, waktu bersama keluarga pun jadi lebih banyak pula dan yang pastinya nggak bakalan dibiarkan lewat begitu saja. Entah itu dimanfaatkan dengan bersih-bersih rumah, mengunjungi tempat wisata favorit, nonton film di bioskop, dan lain sebagainya. Mumpung long weekend.Ya, nggak? Semua pasti setuju donk.

Namun sebelum jauh khayalin liburan yang berdekatan dengan akhir pekan tadi, jangan lupa juga bahwa ada Hari Bumi. Dimana setiap tahunnya tidak pernah ketinggalan untuk diperingati, tepatnya jatuh pada tanggal 22 April. Tahun ini, Hari Bumi bertepatan dengan hari sabtu dan pasti sudah banyak komunitas yang bersiap-siap untuk memperingatinya, tidak terkecuali komunitas Kompasianer Makassar (Kompak) Tawwa.

Untuk menyambut Hari Bumi, rencananya Kompasianer Makassar Tawwa akan mengadakan kegiatan di kawasan konservasi lingkungan hidup yang dikenal dengan nama Rumah Hijau Denassa (RHD). Sebuah kawasan konservasi mini yang didirikan tahun 2007 oleh seorang sosok bernama Darmawan Denassa dan berlokasi di Jln. Borongtala No. 58 A, Kelurahan Tamallayang Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa.

Kami memilih memperingatinya dengan sederhana sebagai bentuk meningkatkan awareness atau menumbuhkan kepedulian kita terhadap bumi,  terhadap tempat yang sehari-harinya kita tempati untuk tinggal,  kita tempati untuk hidup,  mencari nafkah serta segala aktivitas lainnya. Kegiatan ini nantinya akan melibatkan interaksi antara Kompak Tawwa dengan pengunjung RHD. Adapun rangkaian kegiatan yang akan dilakukan, diantaranya :

  • Peringatan Hari Bumi bersama anak sekolah,
  • Menulis bersama sebagai bentuk refleksi dari Kompasianer Makassar Tawwa di sela-sela tour singkat tentang bumi dan juga Hari Bumi,
  • Mendongeng/cerita tentang pentingnya menjaga lingkungan (kerja sama dengan Lini Hijau), dengan pendongeng kak Bugi Sumirat bersama Si Otan,
  • Pembacaan puisi tentang lingkungan, dan
  • Ramah tamah, dengan kata lain acara bebas untuk meningkatkan keakraban diantara peserta.

Demi menyemarakkan kegiatan ini, kami mengajakKompasianer Makassar Tawwa lainnya beserta keluarga ataupun simpatisan yangberminat untuk ikut terlibat.  Caranya gampang kok, cukup ngasih komentar di bawah artikel ini. Atau bisa juga dengan mendaftarkan diri lewat Whats App dengan menuliskan nama dan akun Kompasiana masing-masing ke nomor 085796126472 untuk kemudian di seleksi. Pendaftaran di buka mulai hari ini, tepatnya 18 April hingga tanggal 21 April.

Catatan :

Setiap peserta dikenakan biaya konsumsi (makan siang) sebesar Rp. 25.000,-

Di RHD tidak boleh membawa makanan & minuman - kecuali air minum dalam tumbler - dari luar