Mohon tunggu...
Acek Rudy
Acek Rudy Mohon Tunggu... Konsultan - Palu Gada

Entrepreneur, Certified Public Speaker, Blogger, Author, Numerologist. Mua-muanya Dah.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Mengapa Merah Putih Terpilih Sebagai Warna Bendera Indonesia?

5 Agustus 2022   06:23 Diperbarui: 5 Agustus 2022   06:29 371 26 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengapa Merah Putih Terpilih Sebagai Warna Bendera Indonesia? (gambar: edarabia.com)

Betapa naifnya diriku ketika mengira bahwa Bendera Indonesia berasal dari Belanda. Konon pejuang bangsa kita kurang kreatif. Bendera Belanda disobek warna birunya. Yang tersisa adalah Merah Putih. Ah, naif...

Tapi saya tidak sepenuhnya salah, kisah itu kudapatkan dari film-film Indonesia zaman bapakmu. Kukira memang demikian... Apalagi minimal ada dua bendera negara lain yang mirip-mirip Sang Merah Putih.

Satunya dari Republik Monaco. Satunya lagi Polandia meskipun warnanya terbalik.

Nyatanya, sejarah Sang Merah Putih sudah ada sejak zaman moyang. Informasi Ini saya kutip dari berbagai sumber. Konon Kerajaan Majapahit menjadikan panji berwarna merah putih bergaris sembilan sebagai panji kebesarannya.

Bahkan sebelum abad ke-13, kerajaan Kediri juga sudah menggunakan warna merah putih sebagai simbol warna kejayaan.

Memasuki masa perang melawan Belanda, Pangeran Diponegoro diketahui menggunakan panji merah dan putih, memimpin pasukannya dalam Perang Djawa.

Di belahan Timur Indonesia, kerajaan Bugis Bone sebelum masa Arung Palakka, memakai warna yang sama sebagai simbol kejayaan. Bergeser ke sebelah Barat, adalah Sisingamangaraja IX yang menggunakan warna merah putih sebagai bendera perang. Bahkan pedang kembar pusaka Raja-raja Sisingamangaraja I-IX berwarna merah menyala dan putih.

Di Aceh, perjuangan berlanjut bersama merah putih. Para pejuang di negeri Serambi Mekkah tersebut menggunakan panji berwarna merah putih. Lengkap dengan gambar pedang, matahari, bulan sabit, bintang, dan ayat suci Al-Qur'an.

Kemudian memasuki abad ke-20, kaum Pelajar dan Nasionalis melanjutkan penggunaan panji merah putih sebagai bentuk perlawanan terhadap Kolonial. Demikian terus hingga kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, Sang Saka Merah Putih resmi berkibar, menjadi bendera NKRI.

Mengapa demikian? Apakah ini hanyalah suatu kebetulan, atau ada kerterkaitan budaya di bumi Nusantara sejak dahulu kala?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan