Mohon tunggu...
Rudy Gunawan
Rudy Gunawan Mohon Tunggu... Numerolog

Pemegang Rekor MURI sebagai NUMEROLOG PERTAMA di INDONESIA. Member of IPSA (Indonesian Professional Speakers Association). Enterpreneur, Speaker, Author, Numerologist.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

India, Covid, Kasta, Dalit, dan Karma, Gawat!

13 Mei 2021   12:29 Diperbarui: 13 Mei 2021   12:50 1203 49 19 Mohon Tunggu...
Lihat foto
India, Covid, Kasta, Dalit, dan Karma, Gawat!
India, Covid, Kasta, Dalit, dan Karma, Gawat! (jogja.tribunnews.com)

"[...] Sepertinya mereka merasa hebat, sehingga bisa melanggar protokol kesehatan [...]."

India mencatat rekor terburuk dalam kasus Pandemi Covid-19, di tahun 2021 ini. Sejak awal pandemi merebak, kasus infeksi telah meningkat hingga mencapai 23,3 juta orang. Sementara jumlah kematian telah mencapai angka 254.917 jiwa (kompas, 12.05.2021)

Ditenggarai badai covid ini berasal dari tiga hal utama, yakni adanya pertemuan massal besar-besaran, rendahnya tingkat vaksinasi, dan munculnya varian baru.

Hal ini juga diperparah dengan sistem medis yang tidak siap, provokasi terselebung dari pejabat negara yang meremehkan prokes, dan juga struktur sosial di India yang telah ada sejak ribuan tahun lalu, yakni sistem Kasta.

Dilansir dari sumber (bbc), Arif Sorayaman Hulu, mahasiswa Indonesia di Rajkot, Gujarat di India Barat memberikan kesaksian bagaimana sistem kasta di India memperparah penyebaran Covid-19.

Arif mengatakan dirinya melihat "fenomena unik" di mana ada keistimewaan bagi kaum kasta atas terhadap protokol kesehatan.

"Sepertinya mereka merasa hebat, sehingga bisa melanggar protokol kesehatan," ujar Arif.

Permasalahan Sejak Ribuan Tahun Lalu

"[...] Dalit adalah yang Tertindas atau yang Tercerai-berai [...]."

Namun, sepertinya pandemi yang menyerang kali ini benar-benar buta. Mereka tidak bisa membedakan derajat manusia. Kaum kasta atas yang merasa superior sejak 1500 tahun silam, kali ini juga tak berdaya.

Kasta atas di India, terutama dari kelompok sosial yang tinggi memang sering mendapatkan keistimewaan. Bukan hanya dari sisi fasilitas negara, tapi juga perlakuan khusus dari masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN