Mohon tunggu...
Rudy Gunawan
Rudy Gunawan Mohon Tunggu... Numerolog

Pemegang Rekor MURI sebagai NUMEROLOG PERTAMA di INDONESIA. Member of IPSA (Indonesian Professional Speakers Association). Enterpreneur, Speaker, Author, Numerologist.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Numerologi, Dari Teman Jadi Rekan Bisnis

23 Januari 2021   11:32 Diperbarui: 23 Januari 2021   11:38 343 38 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Numerologi, Dari Teman Jadi Rekan Bisnis
Ilustrasi Numerologi, Dari Teman jadi Rekan Bisnis (sumber: kompasiana.com)

"Apakah saya cocok kongsi dengan teman?"

Jika kamu adalah peramal, mungkin pertanyaan ini akan muncul menempati urutan-urutan teratas.

Metafisika China Kuno memiliki cara yang unik dalam menyikapi pertanyaan ini. Filsafat keseimbangan Yin-yang dan Lima Elemen Wu-xing adalah metode yang digunakan untuk menilai kesesuaian dari dua entiti berbeda.

Konsep Yin-yang menjelaskan adanya dua kekuatan besar yang bertentangan, tetapi saling melengkapi untuk menciptakan sebuah keseimbangan besar. Bilamana dua orang dihadapkan, maka unsur Yin-yang harus bisa saling mengisi.

Ilustrasi Konsep Yin-yang (sumber: amazon.com)
Ilustrasi Konsep Yin-yang (sumber: amazon.com)
Sebagai contoh, tipe pemikir dan eksekusioner jika bersatu dalam sebuah pekerjaan, akan menciptakan duo maut, sepanjang harmonisasi tetap terjaga. Jika keseimbangan terjadi, maka tentu saling melengkapi.

Sebaliknya, jika dua orang hanya memiliki salah satu unsur yang terlalu dominan, maka keharmonisan sulit dicapai karena tidak adanya keseimbangan.

Konsep Lima Elemen Wu-xing pada dasarnya menjelaskan bahwa setiap hal di dunia ini memiliki salah satu dari lima unsur, yaitu Logam, Kayu, Air, Api, dan Tanah

Ilustrasi Konsep Lima Elemen Wu-xing (sumber: wikipedia.org)
Ilustrasi Konsep Lima Elemen Wu-xing (sumber: wikipedia.org)
Kelima unsur ini akan berpadu dalam dua jenis keterkaitan, yaitu interaksi mendukung (generating interaction) dan interaksi mengontrol (overcoming interaction).

Mereka yang dikatakan sesuai apabila unsur lima elemen Wu-xing saling mendukung. Sebagai contoh, unsur air akan mendukung kayu. Filsafat ini dengan melihat kenyataan alam bahwa tumbuhan memerlukan air.

Sebaliknya, jika dua unsur yang saling mengontrol hadir, maka harmonisasi akan terjadi dengan cara yang berbeda. Air dan api adalah elemen yang berlawanan. Kehadiran dua elemen ini akan menimbulkan pertentangan. Namun, pada saat diperlukan, kedua unsur ini bisa saja saling membantu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x