Mohon tunggu...
Rudy Gunawan
Rudy Gunawan Mohon Tunggu... Numerolog

Pemegang Rekor MURI sebagai NUMEROLOG PERTAMA di INDONESIA. Member of IPSA (Indonesian Professional Speakers Association). Enterpreneur, Speaker, Author, Numerologist.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Legenda Ratusan Tahun di Balik 5 Masakan China Terkenal

12 Januari 2021   05:52 Diperbarui: 12 Januari 2021   06:09 228 36 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Legenda Ratusan Tahun di Balik 5 Masakan China Terkenal
Ilustrasi 5 masakan china terkenal (sumber: redhousespice.com, asiaculturaltravel.co.uk, marionskitchen.com, topchinatravel.com, mejarasakk.blogspot.com)

Kelezatan sebuah masakan tidak hanya berasal dari rasa saja, tetapi juga penampilan, kemasan, dan kisah yang mendasarinya (story behind it).

Makanan China (Chinese Foods) memiliki segalanya. Filsafat kuno dan sejarah panjang peradaban yang terkandung, membuat makanan china memiliki tempat tersendiri di hati para pencinta kuliner.

Dari sisi filsafat kuno, konsep Yin-yang dan Lima Elemen Wu-xing secara tradisional telah menjadi prinsip filsafat dalam setiap masakan China. Kompleksitas resep, nama, dan teknik pengolahan, semuanya harus selaras dengan hukum alam dan juga tata krama.

Sementara dari sisi sejarah, tidak jarang kita menemukan masakan yang telah berusia ratusan tahun yang masih eksis hingga kini. Penamaan yang diberikan selaras dengan asal-usul dan legenda terciptanya makanan tersebut.   

Inilah yang membuat masakan China berbeda dari makanan negara lain. Dalam budaya barat, nama makanan hanya berdasarkan apa yang dimasak dan bagaimana cara memasaknya.

Namun, di China nama makanan lebih dari sekedar bahan dan teknik. Aspek sejarah, seni, sosial, dan filsafat harus bisa tercampur menjadi satu.

Baca juga: Filosofi Yin-yang dalam Masakan China, Resep Rahasia Tiada Tara

Pada tulisan kali ini, penulis akan membahas lima legenda di belakang 5 jenis makanan china yang terkenal.

Beggar's Chicken (Ayam Pengemis)

Foto Beggar's Chicken (sumber: tripadvisor.com)
Foto Beggar's Chicken (sumber: tripadvisor.com)

Alkisah seorang pengemis yang hidup di provinsi Jiang Shu di zaman kerajaan Qing. Pada suatu hari, sang pengemis yang kelaparan itu melihat seekor ayam. Ia pun membunuh ayam tersebut untuk dimakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x