Mohon tunggu...
Rudy Gunawan
Rudy Gunawan Mohon Tunggu... Numerolog

Pemegang Rekor MURI sebagai NUMEROLOG PERTAMA di INDONESIA. Member of IPSA (Indonesian Professional Speakers Association). Enterpreneur, Speaker, Author, Numerologist.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Seperti Halnya Virus Corona, Teori Konspirasi Juga Berbahaya

30 Maret 2020   11:37 Diperbarui: 30 Maret 2020   11:34 425 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seperti Halnya Virus Corona, Teori Konspirasi Juga Berbahaya
Sumber: Radar Bali

Masih mengenai tuduh menuduh diantara dua raksasa dunia, Amerika Serikat dan China. Sepertinya proses ini tidak akan pernah ada habisnya hingga hilang dengan sendirinya.

Ditambah lagi, manusia senang dengan pertikaian penuh misteri, bagaikan nonton film yang penuh dengan asumsi, demikian pula dengan Teori Konspirasi.

Tidak memiliki nilai yang pasti benar, namun berbeda dengan Hoax yang beredar, Teori Konspirasi ini sering dihubungkan dengan adanya pemerintah bayangan (Deep State) yang berasal dari pemerintah resmi dan cenderung menutupi, menambah, atau mengurangi keabsahan sebuah berita.

Seperti dalam kasus Teori Konspirasi Corona. Adanya penyampaian resmi dari Menteri Luar Negeri China, Zhao Lijian yang menekankan bahwa Angkatan Darat AS "mungkin secara sengaja membawa virus ke Wuhan pada Oktober 2019, akibat komentar Direktur CDC Amerika Serikat, Robert Redfield ketika melakukan rapat dengar pendapat bersama DPR di Washington DC yang menuduh China sengaja mengembangkan Virus Corona. (Baca artikel penulis di Kompasiana (Penemuan Terbaru dari Inggris, Mahluk Luar Angkasa Penyebab Virus Corona?)

Kedua pernyataan resmi ini tidak memiliki nilai kebenaran, karena hanya berupa tuduhan dan sanggahan dari kedua belah pihak.

Meskipun banyak teori yang kelihatannya dibuat-buat, namun keyakinan adanya kekuatan jahat dibelakang rencana rahasia sudah menjadi sebuah keyakinan tersendiri pada hati masyrakat.  

Teori Konspirasi telah dikenal lama di dunia. Khususnya di Amerika Serikat yang memiliki para pakar teoritikus konspirasi dan memiliki banyak followers sejak dulu kala.

Dalam setiap kejadian penting dunia, para teoritikus ini selalu memaparkan fakta milik mereka yang didukung dengan beberapa data yang cukup meyakinkan.

Seperti yang dikutip dari sumber; Minimal ada sepuluh Teori Konspirasi di Amerika Serikat yang terbukti benar, diantaranya adalah:

Skandal Watergate

Tuduhan kepada partai Republik di Amerika Serikat yang memata-matai partai Demokrat pada tahun 1972, terbukti benar setelah pada tahun 1974, sebuah rekaman percakapan ditemukan yang melibatkan Presiden Nixon.

CIA Menyelundupkan Kokain

Laporan Dark Alliance yang dipublikasikan oleh Gary Webb, jurnalis pemenang Hadiah Pulitzer mengenai keterlibatan CIA dalam menyelundupkan obat-obatan terlarang kepada para pemberontak Contra di Nikaragua.

Inspektur jendral CIA Frederick Hitz akhirnya mengakui bahwa Contra terlibat dalam perdagangan kokain, namun Webb akhirnya ditemukan mati tertembak dua kali di kepala pada tahun 2004.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN