Mohon tunggu...
Toto Priyono
Toto Priyono Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Kamu bintang besar! Apa yang akan menjadi keberuntungan Anda jika Anda tidak memiliki sesuatu yang membuat Anda bersinar? -Friedrich Nietzsche-

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Media Sosial yang Menghegemoni

14 Juli 2022   09:05 Diperbarui: 16 Juli 2022   17:14 95 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi: Pixabay.com

"Sejalan dengan berkembangnya media yang semakin massif diera teknologi digital. Siapa pun harus bergelut dengan media. Bukan apa, media selain sebagai sarana transfer informasi, media juga adalah tempat mempertahankan eksistensi".

Seperti yang sudah menjadi pemandangan hidup sehari-hari. Saat ini manusia memang tidak dapat lepas dari teknologi yang semakin terikat dengan keberadaan hidup manusia.

Sebagai contoh adalah berkembangnya internet yang dapat diakses melalui smart phone dan laptop, dimana melalui internet. Manusia dapat melihat dunia secara luas serta dapat mencari data-data informasi yang ada dan dibutuhkannya.

Tetapi dengan semakin dekatnya manusia dengan internet, juga semakin familiarnya manusia dengan teknologi yang berkembang saat ini sebagai media hidup mereka melangsungkan eksistensi.

Mungkinkah dikala sesuatunya yang berkembang seperti media social dan teknologi tidak diikuti atau bahkan engan digeluti akan memperngaruhi eksistensi manusia itu sendiri?

Kenyataannya inilah hal yang tidak dapat ditampik. Media begitu dominan bukan hanya untuk satu manusia tetapi juga untuk sekelompok manusia lain yang menginginkan eksistensinya tetap ada.

Bukankah satu akun media social saat ini sebagai sarana pribadi bereksistensi sangat berpengaruh besar pada kehidupan manusia dalam mengeksplorasi dirinya?

Melalui media diri yang dipunyai seperti akun-akun media social, seakan dengan itu manusia dapat mengeksplorasi dirinya lebih jauh mengembangkan potensi apa yang di ingini.

Media social saat ini juga tidak jarang sebagai alat untuk bertukar minat, mengumpulkan orang-orang yang mempunyai hobi yang sama, pemikiran yang sama, dan mampu menjadi jembatan antara penjual dan pembeli guna meningkatkan ekonomi yang berarti media social sebagai alat hidup diri yang sangat efektif.

Untuk itu keberadaan media social merupakan oase ditengah orang-orang yang membutuhkan informasi apapun dan alat untuk mengembangkan diri menunjukan segala potensinya pada dunia sebagai daya tawar diri dan dunianya masing-masing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan