Mohon tunggu...
Toto Priyono
Toto Priyono Mohon Tunggu... Kompasianer

Peminat Sosio-Humaniora, Sastra, Filsafat, dan Politik

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Rizieq Mampu Jaga Moral Bangsa?

11 November 2020   09:24 Diperbarui: 11 November 2020   09:28 269 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rizieq Mampu Jaga Moral Bangsa?
ilustrasi: detik.com (Rizieq Shihab)

Dikalangan netizen Indonesia Rizieq Shihab merupakan tokoh  aktivis yang menjadi buah bibir baik dikalangan social maupun politik.

Ditambah ormas yang dipimpinnya FPI atau Front Pembela Islam merupakan ormas besar di Indonesia yang terkenal solid, baik bergerak dalam hal social maupun politik yang mampu mengorganisir masa dalam demonstrasi.

"Dapat solid dalam gerakan sosial tanpa ada pemimpin yang dicintai oleh simpatisannya tidak mungkin dapat terjadi jika memang seorang pemimpin itu tidak dicintai oleh anggotanya".

Maka dari itu, gerakan FPI  dapat solid tentu karena sisi karismatik Rizieq Shihab sebagai seorang habib yang dipatuhi simpatisannya dan sebagai imam besar FPI.

Oleh karena itu FPI sebagai ormas besar yang sudah menasional bahkan dalam suara dan gerakannya sendiri, FPI juga menaruh perhatian besar pada isu dunia khusunya islam.

Tidak hanya itu dengan gerakan ikut berdemonstrasi tolak UU Cipta Kerja, bukti FPI bergerak tidak hanya terkait dengan isu-isu islam. Tetapi juga  isu buruh dan lain sebagainya yang sedang ramai ditentang masyarakat terkait dengan kebijakan pemerintah.

Meski 3 tahun tinggal di Arab Saudi, namun kiprah Rizieq Shihab sendiri dalam gejolak sosial dan politik di Indonesia masih sangat dominan dalam menggerakan simpatisannya serta anggota FPI.

Sebab FPI dan simpatisan Rizieq Shihab tetap solid meski ditinggal ke Arab Saudi oleh Rizieq Shihab dimana tetap aktif melakukan protes terkait dengan kebijakan pemerintah.

Salah satunya yakni gerakan anti Emannuel Marcon dan Prancis (2/11) dan (4/11). FPI bergerak di dua kota besar yakni Bandung dan Jakarta. Demosnstrasi dilakukan di depan kedubes Prancis dan dibandung didepan gedung sate.

Aksi itu dinamakan aksi bela nabi Muhammad 211 di Jakarta dan 411 di Bandung. Gerakan tersebut langsung dikomandoi oleh Rizieq Shihab walaupun dirinya masih tinggal di Arab Saudi.

Maka Rizeq Shihab sebagai figure yang sangat berpengaruh di Indonesia. Rizieq Shihab juga merupakan imam besar FPI atau Front Pembela Islam, nyatanya dia merupakan suatu tokoh nasional yang dikenal luas oleh public.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN