Mohon tunggu...
Toto Priyono
Toto Priyono Mohon Tunggu... Kompasianer

Peminat Sosio-Humaniora, Sastra, Filsafat, dan Politik

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Politik Sayur Gibran Rakabuming

13 September 2020   13:39 Diperbarui: 13 September 2020   23:33 222 12 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Politik Sayur Gibran Rakabuming
ilustrasi: dok istimewa (Team pemenangan Gibran-Teguh)

Pilkada 2020 di tengah pandemi covid-19 memang benar-benar berpengaruh dalam mobilisasi pendukung calon yang ikut dalam kontestasi pilkada termasuk Gibran Rakabuming, Calon yang di usung oleh PDIP di pilwakot Solo, Jawa Tengah.

Tidak adanya pengumpulan masa yang padat pada saat kampanye ditengah pandemic corona ini membuat pasangan calon harus mampu berkampanye meyakinkan pemilih bagaimana caranya tidak mengumpulkan masa, tetapi perolehan suara dapat efektif memenangkan calon tersebut.

Terkait kampanye di masa pandemi dan sebelum ada pandemi biasanya dilakukan dapat berorasi dilapangan meyakinkan pemilih, membuat hiburan mendatangkan masa, serta arak-arakan pasangan calon. Kini begitu hambar dan terkesan kurang meyakinkan untuk meyakinkan pemilih.

"Kampanye terbuka paslon dalam pilkada 2020 tidak dilakukan karena di khawatirkan menjadi klaster baru virus corona di Indonesia".

Maka dari itu membuat masalah tersendiri calon pasangan dalam berkampanye meyakinkan pemilih saat ini di masa pandemi. Jika memang pemilih melek teknologi dapat dilangsungkan berkampanye melalui streaming media social. Namun bagiamana jika itu dilakukan untuk kaum-kaum tua tidak mengenal teknologi?

Kampanye sayuran ala Gibran 

ilustrasi: dok istimewa (Team pemenangan Gibran-Teguh)
ilustrasi: dok istimewa (Team pemenangan Gibran-Teguh)

Pasangan calon dalam pilkada di masa pandemi memang di tuntut untuk kreatif dan inovatif untuk berkampanye secara efektif, tidak menimbulkan masa dan terbebas dari virus corona.

Mungkin langkah Gibran dalam berkampanye meyakinkan pemilih di pilwalkot Solo patut dijadikan inspirasi kampanye kreatif dan inovatif untuk pasangan-pasangan calon di daerah lain yang ada di Indonesia.

Gibran Rakabuming mruput jam 06: 43 WIB bagi sayuran di Kampung Posanan,  Kelurahan Jebres, Solo, Jawa Tengah Kamis (10/9/20). Gibran secara simbolis menyerahkan bantuan paket sayur untuk warga kelurahan Jebres.

Paket sayur --mayur  diserahkan kepada perwakilan warga yaitu ketua RT dan penggerak PKK kampung. Selain sayuran Gibran juga memberikan buku kepada anak-anak mengadopsi polah kampanye Jokowi dulu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN