Mohon tunggu...
Toto Priyono
Toto Priyono Mohon Tunggu... Content Writer

Peminat Sosio-Humaniora

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

PAN Reformasi: Amien Rais dan Ariel Noah Setaraf Dalam Urusan Mantan?

2 September 2020   02:12 Diperbarui: 2 September 2020   09:02 286 11 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PAN Reformasi: Amien Rais dan Ariel Noah Setaraf Dalam Urusan Mantan?
ilustarsi: rmol.id

Ariel "Noah" separuhnya Luna Maya, PAN separuhnya adalah Amien Rais?

Mungkinkah dengan penggambaran tersebut antara Ariel dan Amien Rais, yang sama-sama mengalami romantisme "setaraf". Kedua belah pihaknya adalah mantan yang diasumsikan publik penggambarannya selalu melekat meskipun saat ini mereka sudah tidak bersama?

Apakah benar keduanya mempunyai kisah yang senasib? Memang keduanya memiliki kisah yang berbeda romantismenya, tetapi menurut saya keduanya memiliki kesamaan dalam bab penggalian jalan kisahnya.

Jika Ariel dan lunamaya romantisme dunia percintaan anak muda. Amien Rais romantisme dunia perpolitikan orang tua. Mereka bernasib sama hanya berbeda kontesks, dimana satu mantan pasangan percintaan dua sujoli, satunya pada romantisme mantan akttor politiknya.

Tetapi dengan kisah keduanya saya kira tidak ada beda. Meski sudah tidak bersama, ada upaya-upaya untuk menyatukan keduanya, baik dari sisi karya maupun dari lingkaran dorongan orang-orang yang ada disekitarnya.

Ariel sebagai musisi menciptakan lagu "separuh aku" mengenang romantismenya dengan Luna Maya. Amien Rais sebagai politikus menciptakan partai baru PAN Reformasi untuk kembali mengulang masa lalu kejayaan kiprah politiknya  

Sepertinya bermasyarakat itu sendiri tidak dapat lepas dari penggambaran. Bukan saya sedang mem- flash beck romantisme Ariel dan Luna maya. Tetapi karena sudah tersimpan rapi dalam sanubari masyarakat Indonesia. Karena keduanya adalah public figure yang sama-sama melekat sebagai pasangan.

Begitu juga dengan publik-publik figure lainnya tidak hanya dalam percintaan. Dalam narasi politik juga menciptakan hal yang serupa. Dimana kemelekatan partai PAN dengan figure pendirinya Amien Rais sangat melekat sebagai sesuatu yang sulit dipisahkan dari penafsiran masyarakat.

Seperti dalam persepsi anggapan masyarakat Luna Maya dan Ariel yang sudah membuat karya fenomenal terbaik sepanjang masa. Sulit sekali dilupakan oleh anggapan publik meskipun saat ini mereka sudah tidak menjalin hubungan percintaan.

Begitu juga PAN dimana politikus penggagasnya Amien Rais punya andil besar dalam aktivitas politiknya sebagai bapak reformasi Indonesia. Kenyanyatanya tidak sanggup dilupakan begitu saja romantismenya dengan mantan--- turut menggagas PAN reformasi membuat kemelekatan penafsiran bahwa Separuh amin adalah PAN. Membuat partai baru namanya juga PAN meski ada embel-embel Reformasi sebagai pembeda dan ungkapan karya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN