KOMiK Community
KOMiK Community profesional

KOMiK (Kompasianers Only Movie enthus(i)ast Klub) | Komunitas Kompasianer Pecinta Film. Hobi Nonton, Nulis. Relax, Enjoy the Movie, and Write!\r\n\r\nJoin Us: http://komp.as/A7695

Selanjutnya

Tutup

Hiburan highlight headline

[KomiK Info] Soft Launching Festival Film Kopi oleh Sinekopi

18 Juni 2017   05:30 Diperbarui: 18 Juni 2017   11:00 244 4 0
[KomiK Info] Soft Launching Festival Film Kopi oleh Sinekopi
eflyer dari SineKopi (modif by KomiK)

KomiK'ers, bertepatan dengan bulan Ramadan, bertempat di Sekopi Kopi Tanah Air Kita, The Breeze BSD, diadakan acara buka puasa bersama, sekaligus soft launching Festival Film Kopi 2017 yang diadakan oleh Sinekopi.

Apa itu Festival Film Kopi?

Festival Film yang lahir dari pecinta sinema dan peminum Kopi, sekaligus memperkenalkan Kopi Indonesia. Arqom Maksalmina selaku kordinator Sinekopi menjelaskan "Festival ini bertujuan memperkenalkan kopi di Indonesia dan memperlihatkan bahwa budaya ngopi merupakan hal yang amat erat di Indonesia".

Pada kesempatan yang sama Arief Akhmad Yani selaku Manajer Festival menambahkan, "kebanyakan film di Indonesia terdapat adegan ngopi atau paling tidak terucap secara verbal ajakan mengopi."

Apa saja sih program Festival Film Kopi ?

Pemutaran Film Pendek baik yang dikompetisikan, maupun non-kompetisi. Film pendek akan diseleksi melalui open-submission, berlangsung dari 5 Mei dan ditutup pada 30 Agustus 2017.

VideoBlog(vlog)  berdurasi maksimal 10 menit, tema yang diangkat adalah kisah tentang kopi atau budaya di wilayah masing-masing. Akan dipilih 4 video pemenang, untuk kategori vlog favorit dan vlog pilihan juri.

Kompetisi Video durasi 1 menit, berisi ajakan masyarakat khususnya anak muda mengikuti dan meramaikan festival film kopi.

Nah, puncak malam penghargaan akan dilangsungkan pada 2 Oktober 2017. Tersedia  total hadiah senilai puluhan juta rupiah bagi pemenang, sebagai dana produksi film seputar kopi.

-0o0-

Festival Film Kopi, akan memutar film di beberapa lokasi bersama petani. Antara lain di Cikalong Wetan Bandung, Gunung Merapi Magelang, dan Gunung Ijen Banyuwangi.

Kegiatan ini bertujuan mendekatkan film pada masyarakat khususnya petani, sekaligus memperlihatkan bagaimana usaha petani telah banyak dinikmati masyarakat luas melalui film.

Panji Mukadis selaku Direktur Program Festival Film Kopi menerangkan "Festival Film Kopi melibatkan pelaku industri kopi mulai dari petani sampai pemilik kedai kopi. Setelah penutupan event Festival Film Kopi,film-film terseleksi akan didistribusikan di berbagai layar alternative termasuk kedai  kopi."

Bertindak sebagai dewan juri, yaitu Candra Aditya beliau penulis kritik dan juga seorang pembuat film. Dari kalangan sineas ada Fajar Nugros, Nicho Yudifar dan yang lainnya. Turut mengundang pemerhati kopi, line up lengkap juri Festival Film Kopi akan diumumkan akhir bulan Juni 2017.

So, update terus perkembangan Festival Film Kopi hanya di KomiK ya KomiK'ers

dok admin KomiK
dok admin KomiK