Mohon tunggu...
KOMiK Community
KOMiK Community Mohon Tunggu... Freelancer - Komunitas Pencinta Film

KOMiK (Kompasianers Only Movie enthus(i)ast Klub) | Komunitas Pencinta Film yang Hobi Nonton dan Nulis. Join Us: Facebook (KOMiK), Twitter (@komik_ksiana), dan Instagram (@KOMiK_Kompasiana).

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Kaleidoskop KOMiK 2020: dari Nobar, Bikin Majalah, hingga Helat KOMiK Awards

29 Desember 2020   23:50 Diperbarui: 30 Desember 2020   00:28 100 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kaleidoskop KOMiK 2020: dari Nobar, Bikin Majalah, hingga Helat KOMiK Awards
Nobar Spesial Road to Oscar pada Februari 2020 (dok. KOMiK)

Sepanjang tahun 2020 ini komunitas perfilman Kompasiana, KOMiK tetap aktif berkegiatan. Adanya pandemi dan WFH tidak menyurutkan KOMiK untuk mengadakan kegiatan, bahkan menumbuhkan ide kreasi dan inovasi. 

Pada awal tahun 2020 KOMiK menghemat berbagai acara, dari nobar film anyar, kuis-kuis di medsos, dan lomba opini tentang festival film keren, Goden Globes dan Academy Awards. 

Lalu pada bulan Februari, KOMiK mengadakan nobar spesial "Road to Oscar" dan nobar unik, yaitu nobar dengan tema keberagaman (Nobar Kebhinekaan) bekerja sama dengan berbagai komunitas. 

Ada empat film yang termasuk langka dengan tema-tema seperti testimoni remaja yang direkrut teroris, masalah Ambon, persahabatan Islam dan Yahudi, dan tentang penganut kepercayaan. Di sini selain nobar, KOMiK juga menjadi moderator acara dan mengikuti diskusi. 

Nobar dengan tema Kebhinekaan (dok.Dewi Puspa)
Nobar dengan tema Kebhinekaan (dok.Dewi Puspa)
Pada bulan Februari juga mulai diinisiasi pembuatan majalah yang kemudian bernama KO-Magz singkatan KOMiK Magazine. Majalah ini dirilis tiap bulan dengan menampilkan tulisan-tulisan Komiker pilihan. Hingga saat ini majalah film ini tetap eksis. 

Pada bulan Maret KOMiK masih sempat mengadakan nobar film Thailand "Cuties and The Fake"  sebelum kemudian kegiatan-kegiatan berlangsung secara daring. Kondisi ini memang tak terduga sehingga banyak agenda KOMiK yang ditunda hingga saat ini. 

Selama pandemi KOMiK mengadakan berbagai event, dari lomba penulisan skenario film pendek, wisata virtual dengan tema "Napak Tilas Film-Film  Nasional", dan Liga KOMiK yang mengajak para tim untuk beradu pengetahuan tentang film. Ini acara pertama kompetisi yang diadakan oleh KOMiK. 

Acaranya berlangsung berhari-hari sungguh menguras tenaga dan mental, baik panitia maupun peserta. Tapi ini acara yang paling dikerjakan dengan penuh antusias oleh tim admin KOMiK. 

Liga KOMiK acara seru untuk uji wawasan film (dok. KOMiK)
Liga KOMiK acara seru untuk uji wawasan film (dok. KOMiK)
Selanjutnya pada bulan Oktober, KOMiK mengadakan nobar dengan tema horor, yaitu nobar film "Bungkeuleukan". Semuanya memiliki benang merah horor, dari cerita film yang horor mistik, kemudian pesertanya mengenakan dress code horor, dan juga kultweet yang dibuat secara rangkaian dengan tema film horor mancanegara.

Pada akhir tahun, KOMiK mengisi acara CommuniTalk di dan berpartisipasi di Community Trivia di Kompasianival. KOMiK juga mengadakan event menarik yaitu KOMiK Awards yang memberikan 15 kategori penghargaan di bidang perfilman, termasuk apresiasi tahunan yaitu Komiker Teraktif dan Movie Enthusiast. 

Vote untuk KOMiK Awards ini sungguh meriah di media sosial. Banyak nama-nama besar di kancah perfilman nasional yang ikut memberikan vote, juga mendapatkan perhatian dari para staf beberapa kedutaan di Indonesia yang festival filmnya mendapatkan nominasi dari KOMiK. Tunggu ya hasilnya, masih direkap. Bakal ada sesuatu juga dari KOMiK pada akhir tahun 2020.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x